Jelang Lebaran, 20 Ribu Kendaraan Lintasi Pintu Tol Waru

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 1 Juni 2019 - 09:19

JATIMNET.COM, Surabaya – Peningkatan volume kendaraan mulai terlihat di Gerbang tol Waru Gunung. Jalan tol Surabaya-Mojokerto terpantau dipadati pemudik.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, 40.542 kendaraan melintas di pintu tol Waru dalam dua hari terakhir. Jumlah itu meningkat 46,87 persen dibanding hari biasa.

Rata-rata normal kendaraan per hari mencapai kisaran 13 ribu kendaraan.

"Lalu lintas Harian Rata-Rata normal sebesar 27.604 kendaraan (dalam dua hari)," ujar Irra melalui keterangan resminya, Jumat 31 Mei 2019.

BACA JUGA: Pelindo III Tambah Dua Rute Mudik Lebaran Gratis

Dia menyebutkan, rata-rata per hari di dua hari ini, peningkatan volume kendaraan terjadi sekitar 45 persen. Dengan kendaraan yang melintas sebanyak 20 ribu unit.

Untuk mengantisipasi kepadatan, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) selaku operator Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan berbagai pengaturan lalu lintas.

Di antaranya, membagi beban transaksi, entrance (masuk) maupun exit (keluar), melalui sistem buka-tutup.

"Strategi lainnya ialah memfungsikan mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi," tuturnya.

BACA JUGA: Sistem Satu Arah di Tol Trans Jawa Mulai Diberlakukan

Selain itu, pengelola jalan tol juga mengantisipasi dengan menambah gardu operasi di pintu tol Waru Gunung, yang merupakan pintu barrier (utama) di cluster 3 (Banyumanik-Waru Gunung).

"Saat ini totalnya, Waru Gunung akan memiliki 10 gardu entrance dan 11 gardu exit," tandasnya.

Baca Juga

loading...