Pemkab Trenggalek Raih Opini WTP dari BPK

Rochman Arief

Selasa, 28 Mei 2019 - 17:57

JATIMNET.COM, Trenggalek – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Jawa Timur berikan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pemeriksaan laporan keuangan tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Senin 27 Mei 2019, malam.

Kabag Humas Pemkab Trenggalek Stefanus Tri Atmono, Selasa mengatakan, opini WTP itu merupakan yang ketiga berturut diterima pemkab sejak tahun anggaran 2016, 2017 hingga 2018.

Simbolis laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD tahun 2018 secara rrsni diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur, Harry Purwaka.

BACA JUGA: BPK Minta Pemprov Jatim Merapikan Monitoring Dana BOS

"Kembali meraih opini WTP dalam laporan keuangan tahun 2018 menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Trenggalek berkomitmen serius dalam penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan akuntabel," kata Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin atau Gus Ipin.

Menerima langsung laporan hasil pemeriksaan tersebut, Gus Ipin tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada jajarannya. WTP yang diraih dan dipertahankan tentunya tidak lepas dari kerja keras jajarannya di pemerintahan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Sekda, Inspektorat, Bakeuda maupun semua Dinas yang telah menjalankan pengawasan internal,” katanya.

BACA JUGA: DPRD Jatim Tunggu Laporan BPK Tentang Dana BOS

Dia mengakui tidak mudah meraih WTP dalam tiga tahun berturut-turut. Berdasar pengalaman-pengalaman sebelumnya, Pemkab Trenggalek belajar bagaimana melakukan pengawasan keuangan.

Memang ada beberapa catatan, lanjut Gus Ipin, yang belum selesai. Salah satunya masalah investasi permanen yang masih diselesaikan secara hukum.

“Tapi secara umum untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya normatif kita pengendaliannya lebih baik dan tahun ini hasil pemeriksaannya tidak terlalu banyak rekomendasi yang diberikan BPK, artinya secara umum cukup baik dan WTP ini diberikan," katanya. (ant)

Baca Juga

loading...