JATIMNET.COM, Sidoarjo – Pemerintah dalam waktu dekat ini segera membebaskan pembayaran untuk kendaraan roda empat atau lebih yang melintasi jalan tol di Surabaya-Madura (Suramadu).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan pembebasan tarif ini untuk peningkatan efisiensi dan biaya pengiriman logistik dari Jawa ke Madura ataupun sebaliknya.

BACA JUGA : Sampah Berserakan di Kaki Jembatan Suramadu

“Tol Suramadu akan dilakukan pembebasan (biaya), ini merupakan langkah baik, agar ke depan ongkos jauh lebih baik,” katanya usai menggelar pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya di kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Antara, Sabtu 20 Oktober 2018.

Belum lama ini jalan tol yang membentang di Selat Madura itu baru membebaskan kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat telah dilakukan pembebasan tarif lebih dari setengahnya. Ke depan pemerintah akan membebaskan seluruh biaya kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau lebih.

Dalam kesempatan tersebut, Soekarwo juga menyampaikan Pemprov Jatim akan membuka jalur penyeberangan dengan rute Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat, untuk mempercepat proses transportasi dan pengiriman barang antar kedua wilayah.

“Adanya jalur tersebut, kapal tidak perlu mampir ke Bali, dengan begitu pengiriman logistik bisa berlangsung dengan cepat dan efisien. Masalahnya Bali peruntukannya adalah pulau wisata,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fatah Jasin mengatakan kapal yang singgah di Pelabuhan Jangkar ini bisa mencapai 5 ribu gross tonnage (GT) untuk mengangkut berbagai logistik dari Situbondo menuju Lombok ataupun sebaliknya.

“Segala infrastruktur sudah siap dan bisa untuk digunakan. Tinggal menunggu perjanjian kerja sama saja dengan pihak ASDP terkait dengan hal ini,” ujarnya.