Patung Suro dan Boyo di Kenjeran Tinggal Finishing

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 4 April 2019 - 12:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan proses finishing pembangunan ikon Kota Surabaya berupa patung Suro dan Boyo di Taman Surabaya Kenjeran.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Ipong Wisnoewardono menjelaskan, saat ini sudah mulai pengecatan sejak Rabu 3 April 2019.

Pengecatan dimulai dari bagian ornamen rumput laut yang di bagian tengah antara patung Suro dan Boyo. “Kemarin sudah selesai mengecat rumputnya dengan warna hijau, dan saat ini proses pewarnaan Suro warna putih tulang dan selanjutnya Boyo warna abu-abu seperti di Monkasel gitu,” kata Ipong saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis 4 April 2019.

BACA JUGA: Setelah Patung Suroboyo, Pemkot Bangun Jembatan Sentra Ikan Bulak

Ipong menargetkan proses pengecatan akan tuntas sebelum Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-726. Karena cuaca saat ini tidak menentu sehingga harus disiasati dengan mengerjakan secepatnya agar rampung. “Ini kita kebut, biar bisa segera tuntas,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  mengungkapkan pembangunan patung Suro dan Boyo ini merupakan mimpinya agar bisa terwujud saat menjadi wali kota. Patung Suro dan Boyo ini akan menjadi ikon terbesar setelah patung serupa di Kebun Bintang Surabaya (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng Surabaya.

PERCANTIK TAMAN. Pemerintah Kota Surabaya mempercantik Taman Suroboyo di kawasan Kenjeran. Foto: Khoirotul Lathifiyah

“Ini adalah bagian dari mimpi saya. Saya membayangkan ketika ada di tengah laut, maka Surabaya dapat terlihat dari ikon patung ini. Selain itu, bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS),” kata Risma saat inspeksi mendadak (sidak) pada Rabu 20 Maret 2019.

Ia memastikan Taman Suroboyo beserta patung Suro dan Boyo ditargetkan rampung Mei 2019, karena itu akan menjadi hadiah manis bagi Hari Jadi Kota Surabaya.

BACA JUGA: Libur Natal, Pengunjung Pantai Kenjeran Mencapai 16.440 Orang

“Sebenarnya untuk patungnya sendiri, bulan ini atau awal bulan sudah bisa selesai. Tapi di bawahnya kan ada tambahan dan tamannya, sehingga pengerjaan maksimal kami targetkan Mei,” kata Risma.

Setelah patung tersebut selesai, rencananya Pemkot Surabaya akan melanjutkan proyeknya membenahi wisata kawasan pesisir Kenjeran. Mulai penataan Sentra Bulak Ikan (SIB) hingga pembuatan jembatan penyeberangan orang (JPO) dan Cable Car.

Upaya ini dilakukan untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan Kenjeran. Sehingga dapat memberikan peluang usaha dan membantu perekonomian warga.

Baca Juga

loading...