JATIMNET.COM, Surabaya – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menawarkan 7 Langkah Pas untuk mengangkat daya saing usaha kecil-menengah dan mengurangi penganggur. Konsepnya ternyata sama dengan Ok Oce, gerai kewirausahaan di Jakarta yang kini tutup.

“Untuk UMKM, Prabowo-Sandi punya 7 Langkah Pas,” kata Sandi pada pengusaha kecil-menengah di Pusat Jajanan Urip Sumoharjo Surabaya, Selasa 1 Januari 2019.

Tujuh langkah itu, kata dia, terdiri atas pendaftaran usaha, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, dan akses permodalan.

“Kami membuat program agar ekonomi rakyat dapat kemudahan,” katanya.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Utang Indonesia Mencapai Rp 5 Ribu Triliun

Program itu sejatinya bukan tawaran baru. Pada masa kampanye Pilkada DKI 2017, mantan Wakil Gubernur DKI ini –kala itu berpasangan dengan Anis Baswedan sebagai gubernur- menawarkan Ok Oce.

Ok Oce berasal dari singkatan One Kecamatan One Center of Entrepreneurship. Dalam situsnya, Okoce.me, Ok Oce juga menawarkan 7 Langkah Pas (Tujuh Langkah Pasti Sukses).

Sayangnya, Ok Oce tak sesukses yang diharapkan. Pada pertengahan semester kedua 2018, media nasional ramai memberitakan tutupnya gerai Ok Oce di Jakarta.

Tirto.id misalnya, pada pemberitaan 1  September 2018 mencatat Ok Oce Mart di Kalibata resmi tutup pada akhir Agustus 2018.

BACA JUGA: Indonesia Mungkin 'Punah' Kalau Turun Peringkat FSI

Media juga melaporkan beragam penyebab tutupnya Ok Oce. Dari omset yang turun, tak ada regulasi yang mengatur keberadaannya, pembeli sepi, hingga pengelolaan yang karut marut dan tak mampu sewa lahan.

CNN Indonesia melaporkan ada pula yang mengaitkan dengan “kepergiaan” Sandiaga dari jabatan Wakil Gubernur DKI.

Sandi mengajukan pengunduran diri sebagai wakil gubernur pada 10 Agustus 2018.  Ia mencalonkan diri sebagai wakil presiden berpasangan dengan Calon Presiden Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Anggapan itu telah ditepis Ketua Perkumpulan Gerakan Ok Oce Faransyah Jaya, seperti dipetik dari pemberitaan CNN Indonesia pada 16 Oktober 2018.