JATIMNET.COM, Indian Wells – Pertandingan seru di babak semi final tunggal putra turnamen BNP Paribas Terbuka urung terlaksana. Penyebabnya adalah mundurnya Rafael Nadal yang disebabkan masalah lutut.

Petenis asal Spanyol yang ditempatkan sebagai unggulan kedua itu dijadwalkan bersua dengan musuh bebuyutannya, Roger Federer, Sabtu 16 Marete 2019 waktu setempat. Namun hasil pemeriksaan jelang turnamen memaksa Nadal urung tampil.

“Seperti yang sudah aku sampaikan setelah pertandingan (perempat final), aku mendapat masalah pada lututku,” kata Nadal seperti dikutip laman resmi ATP, Sabtu 17 Maret 2019 waktu setempat.

BACA JUGA: Andreescu Catat Sejarah Lolos ke Final BNP Paribas

Rival abadi Federer itu mengaku sebelum pertandingan sudah melakukan pemanasan. Namun sepertinya kondisi lutut petenis kidal kelahiran Mallorca itu tidak bersahabat. Kondisi lututnya diperkirakan masih bermasalah dan dikhawatirkan akan menimbulkan dampak lebih buruk.

“Aku mencoba untuk melakukan hal terbaik untuk pertandingan (semi final) ini. Aku juga sudah melakukan pemanasan di pagi hari,” ungkap mantan petenis nomor satu dunia itu.

Nadal telah memenangkan 23 pertandingan melawan Federer dalam 39 pertandingan di semua ajang. Namun dalam sepuluh pertandingan terakhir, kedua petenis memiliki rasio kemenangan yang seimbang.

Pemilik 80 gelar di semua ajang itu diunggulkan bisa memenangi pertandingan semi final dengan rasio kemenangan 61 persen dibandingkan dengan lawannya yang ditempatkan sebagai unggulan keempat.

BACA JUGA: Roger Federer Kejar Rekor Jimmy Connors

Sejatinya kiprah Nadal sepanjang babak pertama hingga perempat final turnamen BNP Paribas Terbuka ini tergolong impresif. Dia tidak kehilangan satu set pun. Catatan manis itu juga pernah dia torehkan saat terjun di Australia Terbuka 2019, sebelum dikalahkan Novak Djokovic di final.

“Bagi saya ini bukan soal hari ini saja. Ini menyangkut arti harus mundur dalam turnamen yang sangat saya sukai ini,” kata petenis peringkat dua dunia itu.

Sepanjang tahun 2019 ini Raja Tanah Liat itu telah mencatatkan rekor 11:2, termasuk dua turnamen besar Grand Slam Australia Terbuka dan Acapulco di Meksiko.