Meski Ada CPNS, Pengangkatan Pegawai Kontrak Pemprov Jatim Jalan Terus

Baehaqi Almutoif

Jumat, 14 Juni 2019 - 10:36

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur tetap merekrut pegawai dengan perjanjian kontrak meski pada tahun ini membuka seleksi calon pegawai negeri sipil.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jatim Anom Surahno mengatakan rencana menggelar tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tetap berlangsung. Waktunya diperkirakan bersamaan dengan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). "Tes jadi satu. Yang satunya nanti menjadi PPPK, satunya CPNS," ujarnya, Jumat 14 Juni 2019.

BACA JUGA: BKD Jatim Ajukan Dua Ribu Formasi CPNS

BKD Jatim mengajukan penerimaan 2.098 formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk periode 2019. Di saat yang sama, BKD Jatim juga membuka 978 lowongan untuk PPPK.

Kementerian belum merespon permohonan seleksi CPNS itu. Tapi diperkirakan seleksi pada Oktober mendatang. Adapun pendaftaran, jika benar seleksi berlangsung pada Oktober, akan berlangsung pada Agustus.

BACA JUGA: Hari Pertama Masuk Kerja, 718 ASN Pemprov Jatim Absen

Tenaga guru masih mendominasi dalam formasi kebutuhan pegawai. 500 formasi melalui jalur seleksi CPNS dan 886 formasi melalui seleksi PPK. “PPK sebanyak 886 guru K2, ditambah 88 orang itu penyuluh pertanian yang sudah lama bekerja di Pemprov Jatim," katanya.

Ia mengatakan tak seluruh formasi pasti mendapat persetujuan dari kementerian. Misalnya saja pada tahun lalu, dari 2.242 formasi yang diajukan, kementerian hanya menyetujui 1.964 formasi. “Pengumumannya nanti kemungkinan satu bulan setelah penyerahan formasi ke kementerian, sekitar Agustus. Kita tunggu hasilnya dari Kementerian," katanya.

Baca Juga

loading...