Menteri Susi Cerita Pernah Hindari Kunjungan ke Muncar

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Kamis, 4 April 2019 - 18:59

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku pernah menghindari kunjungan ke Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, meski daerah ujung timur Pulau Jawa itu salah satu wilayah penghasil ikan.

Dia mengatakan pernah ke Muncar dan saat itu udaranya berbau tidak sedap, lingkungannya kotor, hingga genangan air dan lautnya berwarna hitam terkena limbah.

"Saya di laut seharian mau, ikut kapal, jaring ikan, tapi kalau ikut ke tempat kotor enggak deh," kata Susi saat bertemu ratusan nelayan di Muncar, Kamis 4 April 2019.

BACA JUGA: Menteri Susi Beberkan Jalur Distribusi Bom Ikan di Jatim

Dia menambahkan tidak keberatan makan siang di atas pasir atau di pasar ikan, asalkan bersih. Tapi kalau tempatnya kotor, udaranya bau, hingga airnya hitam, datang pun dia enggan.

Namun hari ini, saat meninjau Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Muncar, Susi mengatakan sudah merasakan perubahan. Bau tidak lagi menusuk hidung, kondisi pasar lebih bersih, dan lebih nyaman didatangi.

"Sekarang enggak lah, sudah lebih baik," kata wanita yang telah menjadi penjual ikan selama 30 tahun sebelum menjadi menteri itu.

BACA JUGA: Menteri Susi Berniat Seberangi Selat Bali Pakai Papan Paddle

Di PPI Muncar, mata Susi terlihat berbinar menyaksikan ikan tangkapan harian yang masih segar di meja-meja penjual. Naluri berbisnisnya terbit hingga ingin membeli semua ikan itu untuk meraup keuntungan yang besar.

"Betapa itu akan jadi uang yang luar biasa banyak, kalau dijual dengan benar dan pengelolaannya benar," kata Susi lagi.

Dia berjanji akan memberikan bantuan mesin es pada nelayan melalui koperasi. Dengan cara penyimpanan yang benar menggunakan es batu, kualitas ikan akan tahan lebih lama dan laku dengan harga lebih tinggi.

Baca Juga

loading...