JATIMNET.COM, Surabaya – Imlek lekat dengan beragam kuliner yang lezat. Selain lezat, aneka makanan khas yang hadir di atas meja makan itu juga memiliki makna filosofi tertentu. Dalam aneka ragam kuliner, ada pengharapan dan cita-cita yang ingin dicapai di tahun baru.

Sejumlah makanan yang sering muncul dalam jamuan perayaan Imlek antara lain adalah buah jeruk. Dalam bahasa mandarin, buah jeruk memiliki arti keberuntungan atau kebahagiaan. Jeruk dianggap sebagai buah segala musim. Ia bisa tumbuh di berbagai musim sepanjang tahun. Harapannya keberuntungan juga menghampiri di sepanjan tahun babi ini. 

Jeruk sering disajikan oleh tuan rumah kepada tamunya. Semakin banyak jeruk yang dibagikan, semakin banyak keberuntungan dan kebahagiaan yang akan di dapat di tahun ini.

BACA JUGA: Ribuan Umat Tridharma Merayakan Imlek di Klenteng 

Berikutnya ada ikan bandeng. Ikan ini dikenal sebagai raja ikan karena bisa hidup di berbagai jenis air. Ia juga memiliki banyak duri. Sehingga butuh kesabaran memisahkan durinya ketika memakan.

Menyantap bandeng saat imlek dipercaya sebagai simbol keberhasilan dalam melewati tantangan hidup selama satu tahun. Hidangan khas di kalangan Tionghoa di Indonesia ini juga jadi simbol keberuntungan.

Dan tentunya ada kue keranjang. Kue yang terbuat dari ketan ini punya tekstur lengket serupa dodol. Kue ini menyimbolkan harapan akan rezeki yang tetap lengket dan menempel sepanjang tahun .

Sifat kue yang lengket juga menjadi simbol kedekatan hubungan persaudaraan antara sesama manusia. Diharapkan ikatan persaudaraan, ataupun pertemanan akan tetap awet dan lengket.

BACA JUGA: Menag Minta Umat Hargai Perayaan Imlek
Makanan wajib lainnya adalah, mi. Bentuk makanan yang panjang wajib disantap saat imlek. Harapannya rezeki di tahun ini akan panjang dan tak terputus seperti bentuk mi. Mi juga menjadi simbol panjang umur, kebahagiaan dan rezeki melimpah.

Selain itu, ada pula Yee Shang, yakni sayuran warna-warni melambangkan keberuntungan. Salad khas Imlek ini dimakan beramai-ramai karena porsinya besar. Orang-orang dalam satu meja biasanya mengambil dan mengaduk salad secara bersama-sama. Proses mengaduknya unik, tiap orang mengangkatnya tinggi-tinggi dengan sumpit sebelum akhirnya disantap. Jika makanan semakin tinggi diangkat maka semakin besar pula kemungkinan harapan mereka terkabul.

Selanjutnya, ada kue mangkok. Kue ini juga sering dikenal sebagai kue apem. Bentuk yang merekah menyimbolkan harapan agar rezeki sepanjang tahun juga terus mekar.

Ada pula kue lapis, kue manis yang terdiri dari beberapa lapis dengan warna yang berbeda  dan menarik mata. Kue ini menyimpan harapan agar berkah yang datang juga bakal berlapis-lapis. (Ant)