Lima Film Horor yang Layak Tonton

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 20:03

JATIMNET.COM, Surabaya - Film Us milik Jordan Peele bisa jadi salah satu film horor terbaik sepanjang masa. Sebelum kesuksesan film 'Us', ada sederet film horor yang juga membuat penontonnya merinding.

Film horor menjadi menarik karena memiliki unsur menegangkan sekaligus mengejutkan bagi penontonnya. Namun juga kombinasi cerita dan visual kengerian yang dibangun, serta ikon dari film itu menjadikan film horor masih terus jadi pilihan penonton. Di tengah kesuksesan Us, film horor di bawah ini masih layak untuk ditonton jika malas pergi ke bioskop. Cekidot!

1. The Ring

The Ring merupakan film re-make Hollywood dari film horor Jepang berjudul Ringu, yang diadaptasi dari novel horor Koji Suzuki.

Dalam versi Hollywood, Ring berkisah soal jurnalis yang diperankan Rachel Keller (Naomi Watts) yang menyelidiki sebuah video yang diduga menjadi penyebab kematian bagi penontonnya dalam waktu tujuh hari saja.

BACA JUGA: Tayang Perdana, Film Horor Us Kejar Pendapatan Captain Marvel

Video itu berkisah tentang hantu Sadako yang akan keluar dari layar televisi. Hantu ini lalu membunuh siapapun yang telah menonton video tentang dirinya.

Meski tidak terlalu sering menyajikan penampakan, namun atmosfir ketegangan yang dibangun serta sound effect seram disertai beberapa sosok-sosok menakutkan cukup untuk membuat penonton merasa takut. Dan jangan lupa unsur misteri yang dibangun sejak awal film yang menambah daya tarik film ini.

The Ring juga sempat dibuatkan sekuel, yang sayangnya tidak sesukses film pertamanya.

2. A Quiet Place

Seperti judulnya, film ini memang benar-benar tampil tanpa dialog.

Film berkisah di seputar kehidupan Lee Abbott - Evelyn dan dua anaknya, Marcus dan Regan yang tinggal di sebuah rumah yang jauh dari keramaian. Tinggal di rumah tersebut ternyata ada larangannya yaitu tidak boleh melakukan komunikasi verbal.

Bukan tanpa alasan bila keluarga ini berkomunikasi lewat bahasa isyarat. Pasalnya, jika ada suara berisik sedikit saja maka akan ada mahluk misterius yang meneror keluarga ini.

Di trailer bahkan ditunjukkan bagaimana dalam keadaan takut pun mereka harus tetap nggak bersuara. Nah bisa dibayangkan bukan bagaimana sulitnya tidak bersuara ketika karena ada gangguan dari mahluk mengerikan.  


 
3. Ju On : The Grudge

Film ini berfokus pada Sarah Michelle Gellar yang berperan sebagai Karen seorang mahasiswa Amerika yang tinggal di Tokyo. Dia juga bekerja sebagai pekerja sosial.

Kengerian bermula saat dia ditugaskan untuk datang ke sebuah rumah di atas bukit. Pekerja sosial sebelumnya menghilang secara misterius. Rumah itu disebut-sebut terkutuk karena tiap orang yang masuk ke rumah pasti menghilang setelah dihantui setan wanita yang berwajah pucat, seperti orang pesakitan dengan rambut hitam yang panjang.

Film ini menyusul tiga seri film horor dengan judul yang sama. Dalam waktu dekat dikabarkan akan ada film reboot dengan judul yang sama tahun ini. Kabarnya film dengan judul tentatif The Grudge ini akan siap produksi mulai bulan Mei mendatang dengan target tanggal tayang 16 Agustus 2019.

4. Winchester

Film ini diadopsi dari kisah nyata dan menceritakan Sarah Winchester, pewaris kekayaan Winchester Repeating Arms Company. Dia membangun sebuah rumah terpencil dengan banyak kamar selama puluhan tahun, diluar San Fransisco.  

Sarah merasa keluarganya dikutuk oleh roh-roh yang meninggal karena senjata yang diproduksi perusahaannya. Ia membuat banyak ruangan yang tanpa sadar didesain sendiri oleh roh-roh yang merasukinya. Kamar tesrebut jadi penjara bagi ratusan roh jahat gentayangan yang ingin membalas dendam pada keluarga Winchester.

Sarah tidak membangun rumah tersebut hanya untuk dirinya sendiri, keponakannya (Sarah Snook) dan psikiater Eric Price (Jason Clarke) ia ajak tinggal dirumahnya.  

Winchester berhasil mengagetkan para penonton dengan jump scare dan atmosfir rumah yang mencekam. Sejak awal kita sudah dikejutkan beberapa penampakan hantu, namun kita sedikit bingung karena asal-usul hantu tidak dijelaskan di awal.

BACA JUGA: Film Penyintas Kekerasan Seksual Keliling Tiga Negara

5. It

It adalah film Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Andy Muschietti dan diproduseri oleh Roy Lee, Dan Lin, Seth Grahame-Smith, David Katzenberg dan Barbara Muschietti. Naskah film ini ditulis oleh Chase Palmer, Cary Fukunaga dan Gary Dauberman berdasarkan novel It karya Stephen King

Film ini menjadi box office dan mencatatkan keuntungan USD700,4 juta. Dirilis 8 September 2017.

Ini adalah remake dengan judul yang sama di tahun 1989. Dirilis tahun 8 September 2017, film ini memiliki visual yang lebih baik sehingga memunculkan efek menakutkan lebih dramatis.   

It menceritakan tentang petualangan anak-anak dalam kelompok Loser (Pecundang) yang mencoba memecahkan misteri hilangnya anak-anak di kota mereka, Derry. Pencarian ini menuntun mereka ke suatu yang mengerikan.

Terkuaklah bahwa pelaku dari kejadian misterius ini tak lain dan tak bukan adalah badut mengerikan bernama Pennywise.

Baca Juga

loading...