JATIMNET.COM, Sidoarjo – Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut keuntungan seluruh BUMN secara total per tahun lebih dari Rp200 triliun, meningkat pesat sejak 2014.

"Saat pertama saya ditunjuk sebagai Menteri BUMN, keuntungan BUMN Rp 143 triliun dan dengan kerja keras berbagai BUMN, sekarang 2018 untungnya di atas Rp 200 triliun, jadi terima kasih semua," kata Rini Soemarno saat berda di Sidoarjo, Minggu 7 April 2019.

Menurut Rini, tidak mungkin seluruh BUMN bisa mencapai jumlah keuntungan yang sangat besar tersebut kalau bukan karena kerja keras dari berbagai BUMN.

BACA JUGA: Menteri BUMN Rini Soemarno Lepas Banyuwangi Mandiri Half Marathon

Selain itu, ujar dia, sinergi BUMN juga dinilai telah betul-betul membantu sehingga bila dahulu ada BUMN yang kinerjanya kurang bagus, maka dengan sinergi BUMN, hal tersebut betul-betul membantu.

"Kita semua keluarga besar BUMN, karena itu harus selalu bersatu dan selalu saling menjaga," ujarnya.

Rini juga mengutarakan harapannya agar keuntungan total BUMN ke depannya bisa mencapai lebih dari Rp 500 triliun dan hal itu dinilai juga menjadi tanggung jawab dari generasi milenial mendatang.

BACA JUGA: Diduga Transaksi Distribusi Pupuk, Direksi BUMN Terjerat OTT KPK

Kegiatan perayaan HUT BUMN yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo itu rencananya akan berlangsung hingga siang hari ini, juga dihadiri oleh sejumlah pesohor seperti dipandu oleh komedian Cak Lontong dan band musik pop Armada.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar rangkaian kegiatan sosial dan program menarik sepanjang Maret-April 2019, dalam rangka menyambut hari ulang tahunnya pada 13 April.

Adapun rangkaian ulang tahun Kementerian BUMN akan terdiri atas peluncuran aplikasi LinkAja, program "cash for work" (Padat Karya Tunai), BUMN Goes to Campus, dan Jalan Sehat di lima kota.

BACA JUGA: Tiga BUMN Ini Kebut Pengembangan Wisata Pulau Merah

Rangkaian HUT juga akan diramaikan oleh ajang Islamic Nextgen, Promo Retail dan Online, satu juta Paket Pangan Murah, paket murah biosolar bagi nelayan, serta program #senindiongkosin bagi warga Bekasi.

Selain itu BUMN juga akan membuka kelas kreatif yang akan diikuti enam ribu peserta dan membuka program magang mahasiswa bersertifikat bagi 10 ribu peserta, serta membuka 11 ribu lowongan kerja dimana 1.000 di antaranya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. (ant)