JATIMNET.COM, Banyuwangi - Ajang sport tourism Banyuwangi Mandiri Half Marathon akan digelar pada Minggu 31 Maret 2019 pagi. Sekitar seribuan pelari akan ikut ambil bagian dalam lomba lari yang rencananya dilepas Menteri BUMN Rini Soemarno.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi Wawan Yadmadi mengatakan, ribuan pelari dari berbagai kota di Indonesia akan meramaikan event yang baru pertama digelar di Banyuwangi ini. Ajang ini melombakan tiga kategori, yakni 21K (half marathon), 10K, dan 5K.

"Untuk kategori 21K merupakan kelas khusus bagi pelari maraton profesional yang akan diikuti 100 pelari. Sisanya, adalah peserta kategori 10K dan 5K. Mereka semua akan mengambil start dan finis di Taman Blambangan," kata Wawan dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.com.

BACA JUGA: Ke Banyuwangi, Luhut Dialog dengan Nelayan Muncar

Even sport tourism yang menjadi salah satu agenda Banyuwangi Festival 2019 ini bakal semakin meriah karena rencananya dilepas langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. “Selain melepas para peserta marathon, Menteri Rini juga akan mengikuti lomba lari kategori 5K,” ujar Wawan.

Ajang maraton ini menawarkan sensasi kompetisi lari yang berbeda. Start dan finish di Taman Blambangan, peserta diajak menyusuri kawasan perkotaan dan pedesaan Banyuwangi. Mereka juga akan melintasi jalan-jalan protokol perkotaan, areal persawahan, dan kawasan permukiman penduduk.

“Ini yang membedakan ajang ini dengan event serupa di daerah lain. Kalau biasanya ajang marathon hanya melewati jalan-jalan perkotaan, di sini juga kita suguhkan suasana perdesaan,” katanya.

Wawan juga mengatakan event ini juga mengombinasikan olah raga dan budaya. Di sepanjang rute, peserta akan dimanjakan dengan beragam budaya dan kesenian daerah. Seperti tari gandrung, barong osing, kuntulan, dan barongsai.

BACA JUGA: Menikmati Hutan Kota yang Teduh dan Pantai di Banyuwangi

“Jadi sudah kami siapkan delapan spot entertainment di sepanjang rute. Pasti menyenangkan, peserta bisa berekreasi saat berkompetisi,” cetusnya.

Sementara itu, Race Director Mandiri Half Marathon Pandu B. Buntaran mengatakan para pelari dari tiap kategori akan memulai lomba dengan selisih waktu 15 menit. Meskipun sama-sama melalui jalur dalam kota namun dipastikan pelari di tiap kategori tidak akan saling bertemu.

“Untuk yang half marathon, kami berangkatkan pukul 05.00. Sementara yang 10K akan memulai start pukul 05.30, dan 5K akan dimulai 15 menit setelah 10K," pungkas Pandu.