JATIMNET.COM, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk bertemu dengan Sultan Hamengkubuwono X, Kamis, 6 Desember 2018. Pertemuan Jokowi dengan Sultan berlangung tertutup di Gedung Jene, sebuah gedung yang difungsikan khusus untuk menyambut pejabat negara sekelas presiden.

Dalam lawatannya ke keraton, Jokowi dijamu dengan jajanan pasar berupa pastel dan bendol. “Pertemuannya di Gedung Jene kalau presiden, dijamu jajan pasar ada pastel, ada bendol," kata Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi. 

Secara terpisah terpisah, Jokowi mengaku diajak langsung oleh Sultan Hamengkubuwono X untuk mengunjungi keraton. “Ketemu Pak Sultan, tanyakan saja Pak Sultan, ya biasa kita tadi pagi diajak dipinarak (mampir-red), diajak ke keraton saya, saya mengikuti ke keraton,” katanya.

Jokowi mengatakan pertemuannya dengan Raja Ngayogyakarta itu hanya membahas perihal kenegaraan serta manajemen negara. “Di dalam banyak bicara masalah ketatanegaraan, masalah manajemen negara, konstitusi, saya kira kita bicara itu," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan sempat membahas perihal perkembangan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport yang saat ini masih terus dikerjakan. “Sudah singgung waktu di airport tadi, progresnya bagus, Insyallah tahun depan kita lihat barangnya,’’ katanya.

Dalam lawatannya ke Yogyakarta itu, Jokowi didampingi Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Muhadjir Effendy.

Selain berkunjung ke keraton, Jokowi juga menghadiri kegiatan 1 Abad Mu'alimin-Mu'alimat Muhamadiyah, serta berkunjung ke kantor organisasi perempuan Aisyiah.