KPUD Ponorogo Rampungkan 60 Persen Pengiriman Logistik ke PPK 

Gayuh Satria Wicaksono

Kamis, 11 April 2019 - 17:46

JATIMNET.COM, Ponorogo – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ponorogo telah merampungkan 60 persen distribusi logistik pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Saat ini logistik yang sudah sampai di gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) adalah logistik untuk Pemilihan Presiden, DPR RI, dan DPRD Provinsi dengan jumlah surat suara untuk masing-masing pemilihan adalah 768.720 lembar surat suara.

“Tinggal dua pemilihan, untuk DPRD Kabupaten dan DPD, kami jadwalkan pengirimannya dilakukan pada 14 dan 15 April. Pada tanggal itu harus sudah sampai di PPK,” kata Ketua KPUD Ponorogo Ahmad Fauzi, Kamis 11 April 2019.

BACA JUGA: Bawaslu Ponorogo Periksa Dua Kades yang Diduga Terlibat Kampanye

Fauzi sapaan akrabnya menerangkan susuai dengan ketentuan maka pengiriman logistik dari PPK untuk sampai ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) adalah paling lambat H-1. Pola pengiriman dari gudang KPU saat ini adalah sesuai dengan kondisi geografis.

“Untuk kondisi geografis di pegunungan diberangkatkan lebih pagi agar pengiriman bisa selesai dalam satu hari,” terangnya.

Ia menuturkan untuk daerah dengan kondisi geografis pegunungan logistik dari PPK ke PPS bisa dikirim sejak H-4 seperti halnya untuk kecamatan Ngrayun, Pudak, Pulung dan Badegan. Hal ini mengingat di Ponorogo ada 2.927 TPS, dan tersebar mulai dari dataran rendah sampai dengan pegunungan.

BACA JUGA: Ponorogo Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Pilkades

Dalam pengangkutan logistik pemilu KPUD Ponorogo menggunakan kendaraan berupa truk dengan penutup dari terpal. Selain itu, semua peralatan pencoblosan dan logistik dimasukkan kedalam kotak suara yang kemudian disegel dan dibungkus dengan plastik.

“Untuk pengiriman kami benar-benar harus memenuhi standar, seperti kendaraan yang digunakan harus ada penutupnya dan dengan pengawalan dari TNI/Polri,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...