JATIMNET.COM, Magetan – KPU Kabupaten Magetan memusnahkan ribuan lembar surat suara Pemilu Serentak tahun 2019 yang diketahui rusak dengan cara dibakar di hari H pencoblosan tanggal 17 April.

Ketua KPU Magetan Poppy Putranto mengatakan jumlah surat suara yang dimusnahkan mencapai 3.633 lembar.

“Ribuan surat suara rusak tersebut total untuk surat suara pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, dan, DPRD Magetan,” ujar Poppy kepada wartawan.

BACA JUGA: Polres Sampang Terjunkan Brimob ke Lokasi Penembakan

Menurutnya, pemusnahan dilakukan bertepatan dengan hari H pencoblosan tanggal 17 April 2019, karena pada hari sebelumnya, KPU setempat masih sibuk melakukan distribusi logistik pemilu.

“Hari ini memang baru pemusnahan karena kemarin (Selasa 16 April), logistik pemilu terakhir yang dikirim ke Ponpes Temboro selesai sekitar pukul 20.00,” kata dia.

Ia menjelaskan, pemusnahan surat suara rusak tersebut sesuai dengan ketentuan KPU-RI dengan tujuan agar tidak disalahgunakan pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

BACA JUGA: Polisi Amankan Pelaku Pembawa Kabur Kota Suara di Sampang

Adapun kategori surat suara rusak Pemilu 2019 yang dimusnahkan antara lain, surat suara sobek, berkerut, terpotong, kosong, terbelah pada cetakan dan noda tinta atau kotor di area kolom surat suara.

Sementara, proses pemusnahan dilakukan di halaman depan gudang kantor KPU setempat. Pemusnahan surat suara berjalan lancar dan disaksikan pula oleh petugas dari Bawaslu Magetan, Polres Magetan, Kodim Magetan, dan Kejaksaan setempat. (ant)