JATIMNET.COM, Blitar – Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar menggelar lomba swafoto untuk menarik minat para pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019.

“Total hadiah sebesar Rp 12 Juta,” kata Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardani, Senin 15 April 2019.

Ia mengatakan, lomba ini memang bertujuan untuk menarik minat pemilih baik milenial ataupun orang tua, untuk datang ke TPS. Para pemilih setelah mencoblos bisa berswafoto di luar bilik TPS lalu diunggah di akun media sosial pribadi.

BACA JUGA: Pembunuhan Keji Guru Tari

"Yang penting tidak berswafoto saat melakukan pencoblosan di dalam bilik suara," kata dia.

Menurutnya, lomba ini berlaku secara umum untuk seluruh warga di Kota Blitar yang memiliki hak suara. Aturannya adalah, setelah mencoblos warga bisa berswafoto di sekitar TPS masing-masing dengan menunjukkan bukti jari yang sudah terdapat tinta.

Hasil swafoto, kemudian diunggah lewat media sosial Facebook dan Instagram pribadi, lalu beri taggar #pemilihberdaulatnegarakuat, #lombaselfikpukotablitar, #lombaselfikpukotablitarkpps (khusus kpps), #kotablitarsuksespemilu2019.

"Kami akan pilih juara satu, dua dan tiga, serta juara harapan satu, dua dan tiga. Selain itu, bagi foto yang banyak disukai dan dishare juga akan mendapat hadiah," imbuh Dani, panggilan akrab Ummu Chairu Wardani.

BACA JUGA: Cara Membagi Kursi Legislatif dalam Pemilu 2019

Target lomba swafoto adalah partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Blitar bisa melebihi target nasional.

"Pada Pemilu 2014 lalu, partisipasi pemilih di Kota Blitar mencapai 78 persen. Pada Pemilu ini partisipasi pemilih kami targetkan bisa mencapai 80 persen," imbuhnya.

Data KPU Kota Blitar menyebutkan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 113.544 jiwa. KPU Kota Blitar menyiapkan sebanyak 478 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019 ini.