Kopi dan Minuman Tradisional Diminati Pengunjung ITB Berlin

Hari Istiawan
Hari Istiawan

Minggu, 10 Maret 2019 - 20:25

JATIMNET.COM, Berlin  - Kopi dan minuman tradisional Indonesia seperti Wedang Uwuh, Bir Mataram, Wedang Jahe, Teh Sereh dan Jakencruk menarik perhatian pengunjung paviliun Indonesia di pameran pariwisata terbesar di dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) di gedung Messe Berlin, 6 - 10 Maret 2019.

"Beberapa tahun lalu cuma sedikit negara yang menampilkan kopi sebagai daya tarik untuk pengunjung," ujar Dery Juniar, Barista Home Coffee Roastery Solo kepada pengunjung pameran pariwisata terbesar di Eropa ITB Berlin," Minggu 10 Maret 2019.

Sejak pembukaan pameran, paviliun Indonesia mengusung Kapal Phinisi dengan pojok kopinya selalu ramai dikunjungi bahkan mereka mau mengantre untuk mendapatkan secangkir kopi atau merasakan sensasi minuman tradisional Indonesia itu.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Kenalkan Kopi Java Preanger di Maroko

Deryl mengakui meskipun tambah banyak negara yang ikut pameran international ITB Berlin dengan menggunakan coffee corner sebagai daya tarik pengunjung. Bahkan barista dari negara tetangga Taiwan dan juga Roaster dari Vietnam dan Kolombia juga yang ingin mencicipi kopi Indonesia.

Berbincang-bincang dengan mereka lebih menarik karena masing-masing tidak ingin menonjolkan kemampuannya tetapi lebih berbagi ilmu mengenai kopi. ”Saya banyak mendapatkan info dari mereka tentang perkembangan kopi dunia dan Indonesia justru tidak kalah dari kopi dunia,” ujar Deryl.

Sementara itu Erwin Perdana Warman yang menyediakan minuman tradisional Indonesia kepada pengunjung juga banyak yang tertarik dengan menyajikan rempah yang menampilkan beberapa di antaranya cukup langka seperti mahkota dewa, manjakani, biji rotan, yang juga menarik mereka adalah daun pandan dengan aroma yang harum dan tidak pernah mereka dapati sebelumnya.

BACA JUGA: Banyuwangi Segera Buka SMK Jurusan Cokelat dan Kopi

Selain itu juga banyak yang bertanya khasiat dari berbagai macam minuman seperti Wedang Uwuh yang dapat menghangatkan badan dan juga Wedang Jahe dan Teh Sereh.

Selain itu minuman tradisional Indonesia juga bisa disajikan dengan beberapa minuman dicampur dengan minuman beralkohol.”Seperti biasa tamu sangat tertarik dengan minuman yang menggunakan base jahe,” ujarnya.

Menurut Erwin Perdana Warman, untuk minuman tradisional kali ini yang dibawa adalah wedang jahe, kunyit asam, jakencruk, kopi tahlil dan teh Rosella dengan bahan dasar jahe sangat disenangi oleh tamu yang datang namun bila disebutkan kegunaan masing-masing minuman juga menjadi hal yang menarik, salah satunya tentang kunyit asam yang mempunyai banyak kegunaan utamanya untuk wanita.

Baca Juga

loading...