Kopi Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala atau Memperparah?

David Priyasidharta

Jumat, 10 Mei 2019 - 17:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Sakit kepala dan migrain dapat merusak hari Anda. Kepala yang berdenyut akibat migrain akan membikin anda memegangi kepala terus menerus seraya berharap sakit itu lekas menyingkir.

Seperti dilansir dari Times of India, Kamis 9 Mei 2019, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengelola gejalanya. Sebagian besar dari kita kemudian mengonsumsi kopi sebagai pengganti bantuan obat-obatan. Tapi, apakah itu benar-benar membantu menghilangkan rasa sakit? Menurut para ahli, ada penjelasan yang sangat berbeda dalam hal ini.

Menurut para dokter, kopi seolah-olah bisa mengatasi migrain Anda sementara, tapi kopi juga dapat memperburuknya. Ini tergantung pada intensitas rasa sakit dan kepekaan Anda terhadap kafein. Jadi kopi mungkin bisa menjadi solusi atau mungkin juga bukan solusi untuk masalah kronis Anda.

BACA JUGA: Menu Ini Sebaiknya Dihindari Ketika Sahur

Mengapa ?

Pertama-tama, sakit kepala disebabkan ketika terjadi pembengkakan pada pembuluh darah tertentu di otak. Kandungan kafein dalam kopi memaksa pembuluh darah berkontraksi dan mengurangi pembengkakan dan pada saat yang sama, melemaskan otot-otot di sekitar area yang tegang.

Walaupun hal ini dapat membuat kopi terasa seperti obat ajaib untuk menghentikan rasa sakit dan nyeri yang mengganggu, namun jika Anda mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi, otot-otot yang sama sebenarnya dapat menjadi lebih aktif dan meningkatkan rasa sakit.

Apakah hal ini akan membuat Anda mempertimbangkan lagi keputusan Anda? Kami memberi tahu Anda lebih banyak alasan

Kita juga harus ingat bahwa kafein mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Sehingga bisa jadi bukan jawaban untuk menyelesaikan rasa sakit dan migrain. Kopi tidak benar-benar membangunkan beberapa orang dari tidur nyenyak dan menyebabkan kegelisahan pada beberapa orang, kopi mungkin tidak membantu semua orang menghilangkan sakit kepala tegang atau migrain. Jadi, tergantung pada kafein saja tidak akan membantu.

BACA JUGA: Minum Kopi Gelas Terbalik Aceh Diusulkan Jadi Warisan Budaya

Ini juga tergantung pada jumlah cangkir kopi yang sudah Anda miliki. Pada hari-hari biasa, 1-2 cangkir kopi ideal tetapi jika Anda minum lebih dari itu, sebenarnya tidak akan membantu Anda. Sebaliknya, itu akan membuat Anda merasa lebih rehidrasi dan cemas, menambah masalah migrain Anda.

Ketika Anda merasakan migrain dan tidak ada obat di tangan, jangan pernah minum minuman berkafein. Mereka bisa lebih buruk daripada kopi. Banyak dari minuman ini mengandung stimulan saraf yang dapat memicu saraf dan menyebabkan pusing dan kejang. Plus, mereka juga mengandung dosis tinggi gula dan kalori kosong sehingga mungkin bukan pilihan terbaik yang Anda miliki.

Jika kopi tidak ada dalam daftar Anda dan tidak menyelesaikan masalah, cobalah mencoba terapi alternatif dan obat-obatan alami. Bahan-bahan dapur seperti lada hitam, peppermint dan madu dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga

loading...