Kapolda Jatim: Aktor Intelektual Pembakaran Mapolsek Tambelangan Habib AK

M. Khaesar Januar Utomo

Senin, 27 Mei 2019 - 15:35

JATIMNET.COM, Surabaya – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengungkap aktor intelektual pembakaran Mapolsek Tambelangan adalah Habib Abdul Kodir Alhadad.

"Kami mendapat alat komunikasi di rumah AK. Ini aktor intelektualnya adalah Habib AK. Dia yang merencanakan, dia menyiapkan segala macam," kata Kapolda Luki saat jumpa pers di Mapolda Jatim, Senin 27 Mei 2019.

BACA JUGA: Polda Jatim Buru Lima Terduga Otak Perusakan Mapolsek Tambelangan

Luki menyatakan, Abdul Kodir Alhadad sudah merencanakan beberapa hari sebelumnya untuk menyerang Mapolsek Tambelangan yang dilatari karena pelaku tidak dapat berangkat ke Jakarta ikut aksi 22 Mei 2019.

Abdul Kodir Alhadad ini, kata kapolda, ketika penyerangan sudah membawa massa sendiri sebanyak 70 orang untuk merusak Mapolsek Tambelangan.

Seorang pelaku lainnya, Hadi berperan untuk menghadang mobil pemadam kebakaran yang akan memadamkan api.

BACA JUGA: Hoaks Beredar, Kantor Polsek Terbakar

Sebelumnya, Kantor Polsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur, dibakar massa, Rabu 22 Mei 2019 sekitar pukul 22.00 WIB. Pembakaran berawal dari adanya sekelompok massa yang datang secara tiba-tiba ke Mapolsek Tambelangan, Sampang.

Massa itu selanjutnya melempari kantor mapolsek dengan menggunakan batu. Polisi berupaya memberikan pengertian dan melarang mereka berbuat anarkis, namun tidak diindahkan. Dalam hitungan menit, jumlah massa semakin banyak dan semakin beringas, hingga akhirnya terjadi pembakaran.

Baca Juga

loading...