Jelang Lebaran, Polisi Imbau Hati-hati Transaksi di Toko Online

M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 28 Mei 2019 - 08:12

JATIMNET.COM, Surabaya – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Kepolisian Daerah Jatim mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat membeli kebutuhan untuk keperluan Lebaran di toko-toko online yang menjamur.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, selain melalui situs-situs belanja online, para penjual juga memasarkan dagangannya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

BACA JUGA: Sudah Transfer Uang, Baju untuk Lebaran Tak Kunjung Datang

Namun, ini yang perlu diwaspadai karena banyak akun-akun media sosial berkedok toko online tapi ujung-ujungnya menipu. "Hendaknya mencari penjual yang benar-benar terpercaya,” kata Barung, Senin 28 Mei 2019.

Barung mengaku sudah ada 10 laporan yang masuk terkait penipuan jual beli online menjelang Lebaran 2019.

Sebelumnya diberitakan, Dyah Murti Iryanto (30), tertipu saat belanja di toko online yang dilihatnya di platform media sosial Instagram. Dyah memesan Gamis_daster_collection melalui nomor WhatsApp yang tertera profil admin. Ia tak sedikit pun curiga, karena admin membalas dengan cepat dan meyakinkan.

BACA JUGA: Pembatasan Fitur WhatsApp Pengaruhi Transaksi Penjual Daring

Dengan memilih baju yang akan dibeli, admin memberikan daftar harga yang harus dibayar, lanjut Dyah, setelah itu ia langsung membayarkan tagihan baju yang dipesan sebesar Rp 510 ribu dan penjualnya mengkonfirmasi barang akan tiba dalam tempo seminggu.

Namun, hingga seminggu lebih barang tak kunjung datang. Akun dan nomor telepon yang ada sudah tidak bisa dihubungi. Ia lalu melaporkan kejadian itu ke Polisi.

Baca Juga

loading...