Jelang Lebaran, Kedatangan Penumpang Malaysia Meningkat di Bandara Banyuwangi

Ahmad Suudi

Kamis, 30 Mei 2019 - 12:40

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Kedatangan penumpang dari Malaysia di Bandara Banyuwangi meningkat jelang angkutan lebaran tahun 2019. Penumpang Citilink dari Malaysia, penerbangan tiap hari Minggu, meningkat dari rata-rata 60 hinggga 80 penumpang, menjadi 100 penumpang pada 26 Mei 2019.

Executive General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi Anton Martalius mengatakan, bila penuh, pesawat bisa membawa 150 penumpang.

"Untuk arus lebaran sepertinya kita akan dapat lonjakan yang cukup signifikan," kata Anton, Rabu 29 Mei 2019.

Pihaknya memperkirakan, puncak arus kedatangan penerbangan internasional di Banyuwangi akan terjadi pada H-3. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan berlangsung pada H+3 Lebaran.

BACA JUGA: Volume Penumpang Bandara Banyuwangi Turun 32 Persen

Di terminal kedatangan internasional Bandara Banyuwangi, juga telah tersedia pelayanan pengecekan penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Terminal kedatangan internasional Bandara Banyuwangi, saat ini hanya dibuka saat ada pesawat datang dari Malaysia.

Pertama, pemeriksaan kesehatan penumpang dilakukan menggunakan alat pengukur suhu tubuh manusia yang bentuknya mirip pistol. Dengan diarahkan ke badan penumpang, petugas bisa mengetahui suhu tubuh mereka.

Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan secara visual dengan menilai kesehatan penumpang melalui kenampakan fisiknya. Penumpang yang terindikasi sakit akan terlihat lemas dan lesu.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Ketapang-Gilimanuk Tambah Loket Online

"Monkeypox kan ditemukan di Singapura, penerbangan kami ke Malaysia. Tapi tetap kami antisipasi," kata Anton.

Baca Juga

loading...