Ini Empat Koktail Populer untuk Jamuan Makan Malam

Rochman Arief

Minggu, 24 Februari 2019 - 12:36

KOKTAIL adalah minuman sekaligus simbol penutup sebuah perjamuan. Minuman segar ini memiliki ciri khas, yakni alkohol yang dipadukan dengan ragam buah (yang umumnya buah tropis), jus, maupun sayuran.

Cukup banyak ragam cocktail atau koktail yang disajikan dalam sebuah perjamuan. Pun demikian, tiap-tiap negara memiliki ciri khas tertentu. Mulai dari yang lembut dan berbunga, manis dan berbuah atau kuat hingga pahit bisa dinikmati untuk melengkapi pesta maupun jamuan makan malam.

Membuat koktail juga tidak terlalu sulit. Bahkan untuk membuat campurannya tidak harus di restoran, bar, atau kafe. Di rumahpun sudah bisa menciptakan koktail untuk menambah menghidupkan suasana.

Dikutip dari BBC Food , berikut adalah beberapa koktail yang mudah dan sering dijumpai di sela jamuan:

Mojito

Mojito minty adalah minuman khas Kuba. Campuran rum putih, gula, jeruk nipis dan soda yang dipadukan dengan es serut ataupun kristal es. Kombinasi antara rasa manis, soda yang segar dan mint untuk menutupi rum yang memberi efek keras. Minuman ini sangat populer sebagai minuman musim panas di beberapa Negara Eropa maupun Amerika Latin.

Espresso Martini

Bagi pecinta kopi, espresso adalah sajian yang tidak bisa ditinggalkan. Minuman ini diciptakan Dick Bradsell tahun 1983. Untuk membuatnya dibutuhkan double shot espresso yang dipadukan dengan simple syrup atau sirup gula biasa yang dipadukan dengan vodka.

BACA JUGA: Dosen UB Ciptakan Minuman Fermentasi Untuk Detoks Penyakit Degeneratif

Belakangan campuran minuman ini berkembang pesat. Ada yang memadukan espresso dengan berbagai minuman beralkohol lainnya, seperti Baileys atau jenis lainnya.

Rum Punch

Rum Punch merupakan minuman khas Karibia. Minuman ini menggabungkan rasa manis dan asam yang segar, dipadu dengan rum dan jus segar untuk membuat minuman bergaris sinar matahari ini.

BACA JUGA: Benarkah Ganja Lebih Aman Dibanding Alkohol, Ini Jawabannya

Sebaiknya gunakan rum berwarna emas atau gelap berkualitas baik untuk memberikan kompleksitas minuman maupun kelembutan dari ragam jus buah.

Pina Colada

Jika Anda menyukai cita rasa kelapa, Pina Colada bisa menjadi salah satu pilihan. Minuman khas Brasil ini memadukan santan kelapa atau krim kelapa, rum putih halus, dan nanas yang tajam merupakan retro klasik.

Minuman ini tidak terlalu tajam bagi yang memiliki gigi sensitif terhadap es. Garnis dengan aneka hiasan buah dan payung yang indah.

Baca Juga

loading...