Hindarkan Diskriminasi, Ruang Fraksi Gedung Baru DPRD Berukuran Sama

Khoirotul Lathifiyah

Rabu, 22 Mei 2019 - 17:32

JATIMNET.COM, Surabaya - Gedung baru DPRD Kota Surabaya menyediakan ruang dengan ukuran yang sama untuk seluruh fraksi yang ada. Hal ini menandai bahwa tidak ada diskriminasi antara fraksi besar dan kecil di DPRD Kota Surabaya.  

Gedung baru ini lebih difokuskan untuk fungsi ruang-ruang fraksi dan komisi dengan ruang yang lebih luas.

"Inilah yang kami pikirkan dan renungkan supaya bisa terealisasi gedung baru yang cukup untuk menampung semua fraksi tanpa ada diskriminasi. Fraksi besar maupun fraksi kecil ruangannya sama besarnya,” kata Armuji saat ditemui di Gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu 22 Mei 2019.

Ia berharap gedung baru ini menjadi rumah aspirasi masyarakat dan Jalan Yos Sudarso tidak lagi dipakai untuk berunjuk rasa yang bisa mengganggu arus lalu lintas.

BACA JUGA: Sistem Zonasi PPDB Jatim Diusulkan Bisa Disesuaikan Kondisi Daerah

Politisi asal Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menjelaskan, yang paling penting dalam gedung baru ini ialah fraksi, komisi dan kelengkapan yang lama tidak di ruang gedung DPRD lama.

“Dulu itu ruang sekwan yang dipakai karena terpaksa tidak ada ruangan. Sehingga, ruangan apa pun bisa kita pakai. Sekwannya yang ngalah, tapi ruang pimpinan dan paripurna tetap di sana (gedung DPRD lama),“ ujarnya.

Cak Ji, sapaan Armuji mengatakan di gedung yang baru nanti terdapat ruang untuk delapan fraksi serta alat kelengkapan dewan sebanyak enam ruangan dengan ukuran yang sama.

“Ruangannya lebih luas dan lebar. Rencananya, satu bulan kemudian perabotan sudah masuk, karena sudah dilelang. Kemarin kami koordinasi dengan cipta karya,” jelas Cak Ji.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Gunakan Permendikbud 51 sebagai Acuan PPDB SMA/SMK

Ia juga berharap anggota dewan yang baru lebih aktif dengan ruangan (menggunakan rapat atau hearing dengan maksimal), menerima aduan dari masyarakat, baik yang demo atau tidak. “Mudah-mudahan anggota yang baru maupun yang lama bisa bekerja secara maksimal untuk masyarakat Surabaya,” harapnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Hendro Gunawan berpesan dengan gedung baru itu, anggota DPRD Surabaya yang lama maupun yang baru diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Surabaya .

Dengan fasilitas gedung tujuh lantai ini diharapkan dapat mengutamakan penyampaian maupun aspirasi masyarakat. Sebab, gedung baru ini juga untuk masyarakat.

“Dengan bertambahnya jumlah fraksi, maka semakin banyak keterwakilan rakyat, ini tentu akan lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...