Hilal Juga Terlihat dari Bukit Banjarsari Blitar

Yosibio

Minggu, 5 Mei 2019 - 21:10

JATIMNET.COM, Blitar - Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar melihat hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1440 Hijriah di Bukit Banjarsari, Desa Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Minggu 5 Mei 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan, ada dua orang saksi yang mengaku telah melihat hilal. Keduanya adalah Muhammad Dawawi (51), warga Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, dan Nanik (47) warga Blitar.

BACA JUGA: Di Surabaya Tertutup Mendung, Gresik dan Madura Terlihat

Kedua orang saksi ini mengaku menyaksikan hilal tepat pukul 17.26 WIB. Mereka kemudian disidangkan serta disumpah di lokasi. Hakim kemudian menyatakan kesaksian kedua orang tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

“Berdasarkan kesaksian dua orang ini, hasil pelaksanaan rukyatul hilal di bukit Banjarsari akan dikirimkan ke Kementerian Agama Provinsi Jatim dan Kemenag RI,” kata Suhadi, Minggu 5 Mei 2019.

BACA JUGA: Belanja Kurma Jelang Ramadan

Suhadi bersyukur pelaksanaan rukyatul hilal berjalan lancar dan hasilnya sudah dilaporkan ke Kemenag Provinsi Jatim dan Kemenag RI untuk dijadikan dasar dalam sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1440 Hijriah. Suhadi mengimbau masyarakat agar tetap menunggu hasil keputusan sidang isbat yang digelar Kemenag RI.

Sekadar diketahui, Kemenag Kabupaten Blitar baru pertama kali melaksanakan rukyatul hilal di Bukit Banjarsari. Sebelumnya, rukyatul hilal dilaksanakan di wilayah Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Namun karena beberapa kali hilal tidak terlihat di Pantai Serang, pelaksanaan dipindah di Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto,  Kabupaten Blitar.

Baca Juga

loading...