Hi-Tech Mall segera Masuk Tahapan Lelang

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 11 Februari 2019 - 08:29

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera merevitalisasi Hi-Tech Mall Surabaya yang berada di Jalan Kusuma Bangsa. Revitalisasi ini untuk penambahan fasilitas baru berupa gedung kesenian.

“Tahun ini masih tahap pelelangan. Lelang ini baru dimulai bulan maret mendatang” kata Kepala Badan Perencaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Ery Cahyadi dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu 10 Februari 2019.

Bappeko sudah menyiapkan dua skema sebelum melakukan revitalisasi gedung Hi-Tech Mall. Sehingga tahun 2019 ini mulai melakukan perencanaan dan menentukan revitalisasi pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi skema pertama, bangunan Hi-Tech Mall akan dirobohkan terlebih dahulu, dan pedagang akan dipindahkan ke tempat lain untuk sementara,” tambahnya.

Sedangkan opsi kedua, lanjut Ery, pedagang bisa tetap berjualan di lokasi seperti biasa. Tapi nantinya pedagan akan dipindahkan ke belakang untuk sementara.

BACA JUGA: Disbudpar Surabaya Kembali Revitalisasi Kota Lama Pekan Ini

Pada saat salah satu dari dua opsi tersebut dijalankan, pemkot akan langsung melakukan pembangunan di bagian sisi kanan dan kiri gedung.

Ery mengungkapkan revitalisasi ini akan dimulai dari bagian depan gedung yang akan digunakan sebagai gedung kesenian. Sedangkan pada sisi samping kanan-kiri, hingga ke belakang tetap digunakaan sebagai pusat perbelanjaan elektronik.

“Setelah revitalisasi di sisi kanan dan kiri gedung selesai, bagian depan dibangun gedung kesenian,” ungkap Ery.

Perencanaan yang sudah dibuat oleh pemkot nantinya akan disampaikan kepada pihak investor. Dengan adanya perencanaan ini, Ery mengimbau agar pedagang tidak panik. Karena pemkot akan tetap mempertahankan para pedagang yang berada di Hi-Tech Mall.

BACA JUGA: Demi Revitalisasi, Pemkot Surabaya Tertibkan PKL Jalan Panggung

Ery menambahkan, saat ini masih menunggu selesai kontrak dari pengembang pada Maret mendatang. Setelah masa kontrak pengembang habis, pihaknya akan mengundang beberapa investor untuk lelang pengembangan Hi-Tech Mall.

“Ketika nanti terdapat pengembangan dari pihak ke tiga, kemungkinan Hi-Tech Mall bisa direvitalisasi tahun 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Disinggung mengenai masa depan Taman Remaja Surabaya (TRS), Ery menjelaskan sedang menunggu proses sidang pengadilan. Karena tempat bermain legendaris tersebut masih dalam sengketa.

“Tunggu nanti sajalah itu, saat ini masih dalam proses persidangan, saat ini saya belum bisa berkomentar apa-apa,” tutupnya.

Baca Juga

loading...