Hari Pertama Masuk Kerja, Permintaan Perpanjangan SIM Membludak   

M. Khaesar Januar Utomo

Senin, 10 Juni 2019 - 17:27

JATIMNET.COM, Surabaya - Permintaan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) membanjiri layanan SIM Corner di hari pertama masuk kerja, Senin 10 Juni 2019. Antrean yang panjang dari warga yang hendak mengurus perpanjangan SIM terjadi pada layanan ini.

Pantauan Jatimnet.com di Tunjungan Plaza Mall, tampak antrean panjang warga yang hendak mengurus perpanjangan SIM. Masa berlaku SIM mereka habis mulai 30 Mei 2019 hingga 9 Juni 2019. Antrean ini cukup panjang dan melewati beberapa gerai di lantai dasar salah satu pusat perbelanjaan ini di Kota Surabaya ini.

Di lokasi ini, petugas juga menempelkan lembaran pengumuman bagi pemohon yang masa berlaku SIM-nya habis sejak 30 Mei 2019 hingga 12 Juni 2019.

BACA JUGA: Pemohon SIM di Blitar Naik Tajam Jelang Libur Lebaran

Kanit Regident Satlantas Polrestabes Surabaya AKP Sigit Indra membenarkan ihwal membludaknya permintaan perpanjangan SIM. "Kami berikan waktu kepada masyarakat yang jatuh tempo SIM-nya habis mulai 30 Mei 2019 hingga 9 Juni ini," ucapnya, Senin 10 Juni 2019.

Layanan SIM Corner akan memberikan waktu selama sembilan hari mulai 10 Juni 2019 hingga 18 Juni 2019 untuk mengurus perpanjangan SIM.

"Memang yang perpanjangan SIM ini yang banyak di Colombo, SIM Corner maupun Layanan Keliling," bebernya.

Sigit mengingatkan bagi masyarakat yang tidak kunjung mengurus perpanjangan SIM hingga 18 Juni 2019 mendatang, maka akan dikenakan pembuatan SIUM baru. "Manfaatkan waktu hingga 18 Juni 2019 untuk memperpanjang masa berlaku SIM," ucapnya.

BACA JUGA: Fakta di Balik Pungli Mengurus SIM Mencapai Rp 400 Ribu

Sigit menyerahkan mekanisme perpanjangan SIM ini ke masing-masing SIM Corner maupun SIM keliling. "Mereka yang di lapangan yang mengetahui mekanismenya," bebernya.

Seorang pemohon perpanjangan SIM, Irma Islamiyah mengatakan, antrean di SIM Corner ini cukup panjang. Ia mengaku sudah sudah menunggu sejak pukul 11.00 WIB. Dan saat datang, antrean sudah panjang.

"Masa berlaku SIM saya habis pada 2 Juni 2019 lalu. Sekarang mau memperpanjang di sini tapi antreannya cukup panjang," ucapnya.

Baca Juga

loading...