Warga bisa menyewa sepeda onthel kepada panitia dengan tarif Rp 50 Ribu

Hari Jadi Surabaya, Pemkot Gelar Jambore Sepeda Tua  

Khoirotul Lathifiyah

Rabu, 24 April 2019 - 19:58

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Jambore Sepeda Tua di Sentra Ikan Bulak (SIB), Sabtu 27 April 2019 sore. Bagi yang tidak memiliki sepeda onthel, panitia akan menyediakan dengan syarat membayar uang sewa.

"Bagi warga yang berminat, bisa menyewa sepeda onthel pada panitia dengan membayar biaya sewa senilai Rp 50 ribu dengan jaminan KTP," kata Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia Slamet Mulyono saat jumpa pers di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Rabu 24 April 2019.

Masyarakat yang ingin mengikuti jambore ini bisa mendaftar ke sekretariat Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dan sepedanya akan disediakan di lokasi acara.

Peserta akan diajak bersepeda onthel mulai dari depan SIB dan berakhir di SIB atau di Taman Suroboyo. “Tahun lalu kami menargetkan tiga ribu peserta, namun yang hadir membludak sekitar enam ribu peserta. Dan tahun ini akan tetap menargetkan tiga ribu peserta," katanya.

BACA JUGA: Peringkat Dunia BMX Indonesia Naik 12 Tingkat

Ia mengatakan peserta jambore sepeda tua ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Adapun beberapa peserta yang sudah mendaftar dari Sulawesi, Palangkaraya, Lombok dan lainnya. “Memang belum ada konfirmasi peserta luar negeri, tapi saya yakin nanti akan banyak yang dari luar negeri,” kata Slamet.

Panitia juga akan mengadakan lomba sepeda mundur, sepeda lambat dan lomba joget. “Pemkot sudah menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dan kami beberapa doorprize,” kata Slamet.

BACA JUGA: Mau Bersepeda? Kenali dulu Jenis Sepeda yang Ingin Dibeli

Sedangkan pada Minggu 28 April 2019, akan diadakan senam pagi dan dilanjutkan dengan apel pagi yang diikuti berbagai komunitas dari berbagai daerah di Jawa Timur atau pun Indonesia.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Kota Surabaya Arief Setia Purwanto mengatakan acara tahunan ini juga digunakan untuk mengenalkan wisata pesisir Surabaya, termasuk Taman Suroboyo, Patung Suro dan Boyo tersebesar di Surabaya hingga Jembatan Suroboyo.

“Yang berbeda dari tahun lalu adalah rutenya nanti akan melewati berbagai destinasi wisata di pesisir Surabaya, panjang rute itu sekitar 21,4 kilometer. Acara akan dibuka langsung oleh Bu Wali,” tegasnya.

Ia mengatakan acara itu juga sebagai ajang menjalin silaturrahmi dengan para onthelis dari seluruh Indonesia. Arief mengungkapkan kegiatan ini merupakan serangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-726. Menariknya, setiap peserta akan mengenakan pakaian layaknya pejuang yang bermacam-macam.

Baca Juga

loading...