Dua selamat, satu korban sedang dalam pencarian.

Gunung Kapur di Jember Longsor Menimpa Tiga Korban

Dyah Ayu Pitaloka

Kamis, 28 Maret 2019 - 12:20

JATIMNET.COM, Surabaya –  Gunung Kapur di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, longsor dan menimpa tiga orang, pada Senin 25 Maret 2019, sekitar pukul 08:00 WIB pagi. Upaya evakuasi yang berlangsung hingga saat ini, berhasil menyelamatkan dua korban.

Dua penyintas itu antara lain, Ucok (29) asal Palembang, dan Hasan (28) asal desa Kasihan, kecamatan Puger. Keduanya menjalani perawatan di Rumah Sakit Graha, setelah dievakuasi dari lokasi.

Sementara, Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari korban ketiga Sucipto (45), Kamis 28 Maret 2019.

Upaya pencarian dilakukan, dengan mengerahkan sejumlah alat berat, hingga anjing pelacak tim K9 Polda Jawa Timur, dilansir dari siaran pers BASARNAS Jawa Timur.

BACA JUGA: Operasional Garuda Indonesia Surabaya-Jember Dialihkan ke Citilink

Komandan Tim Operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Jember, Prahista Dyan mengatakan, sebelum dilakukan pencarian, tim SAR mengerahkan peralatan Hydraulic Breaker, untuk menghancurkan batu-batu besar, di antara material longsor.

Setelah alat bekerja, selanjutnya dilakukan pengerukan dengan menggunakan excavator.

Prahista menambahkan, tim SAR gabungan menggunakan kemampuan anjing pelacak, di lokasi tertimbunnya korban.

Kondisi tanah di sekitar area pencarian yang labil, membuat tim SAR gabungan hati-hati, saat bekerja melakukan pencarian.

BACA JUGA: Ikut Kampanye Jokowi, Bupati dan Wabup Jember Ajukan Cuti

Selain itu, juga terdapat beberapa retakan tanah di atas tebing, yang dikhawatirkan bisa menyebabkan longsor susulan.

"Karenanya, tim SAR gabungan menempatkan beberapa orang personel bertindak sebagai safety officer, tugasnya mengawasi titik-titik rawan tersebut, agar jika ada tanda-tanda yang membahayakan, dapat segera memperingatkan tim lain yang sedang bertugas," ujar Prahista.

Selama melakukan upaya pencarian, setiap personel tim SAR gabungan selalu dilengkapi dengan APD (Alat Perlindungan Diri), di antaranya helm dan sepatu.

Selain itu, disiagakan pula tim medis untuk mengantisipasi jika ada personel yang mengalami luka saat bertugas.

BACA JUGA: Banjir di Jember Cemari Sumur Warga

Tim SAR gabungan ini terdiri dari sejumlah pihak berkompeten, diantaranya tim rescuer Pos BASARNAS Jember, Unit K9 Polda Jatim, Polres Jember, SAR Sabhara Polda Jatim, Polsek Puger, Koramil Puger, BPBD Jember, Puskesmas Puger, PMI, dan SAR OPA Jember.

Baca Juga

loading...