Grand Prix Brasil akan Dipindahkan dari Interlagos ke Rio

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Kamis, 9 Mei 2019 - 20:59

JATIMNET.COM, Rio de Janeiro – Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan balapan Formulai 1 akan dilaihkan dari sirkuit Interlagos di Sao Paolo ke Rio de Janeiro. Bolsonaro menyatakan Grand Prix Brasil akan dipindahkan mulai musim balap tahun 2020 mendatang.

Sementara sirkuit Interlagos telah menjadi tuan rumah GP Brasil sejak tahun 1990. Selama kurun waktu hampir 30 tahun pelaksanaan, balapan di Interlagos akan dipindahkan ke sirkuit yang menurut rencana akan diberi nama Ayrton Senna itu.

Dikutip dari Crash.net, Kamis 9 Mei 2019, Jair Bolsonaro mengungkapkan kesepakatan telah ditandatangani sejak Rabu 8 Mei 2019 kemarin.

BACA JUGA: Penyelenggaraan F1 di Silverstone Tahun Depan Masih Teka-teki

Dalam pernyataan yang dia unggah di akun twitter-nya dengan menulis, balapan Grand Prix Brasil tetap dilaksanakan, namun lokasinya akan dipindahkan.

“Setelah kemenangan kami dalam pemilihan, Formula 1, yang akan meninggalkan Brasil, memutuskan tidak hanya untuk tetap, tetapi juga untuk membangun trek balap baru di RJ [Rio de Janeiro], yang akan diberi nama Ayrton Senna.

Dengan nama lengkap, Ayrton Senna da Silva merupakan legenda Brasil di ajang balap F1. Dia terjun di ajang jet darat itu sejak tahun 1984 hingga 1994, dengan merebut tiga gelar juara dunia yakni, tahun 1988, 1990, dan 1991.

BACA JUGA: Max Factor Kembalikan Formula Satu ke Belanda

Dia tutup usia pada tahun 1994 akibat kecelakaan di tikungan Tamburello, Sirkuit San Imola saat mengikuti Grand Prix San Marino. Dia tewas saat mengemudikan Williams bertepatan dengan Hari Buruh Internasional, atau 1 Mei 1994.

“Dengan ini, ribuan pekerjaan akan diciptakan, menguntungkan ekonomi dan populasi negara,” lanjut Bolsonaro.

Sirkuit ini, menurut Bolsonaro, akan dibangun tanpa uang publik, dan saat ini sedang dalam tahap untuk diselesaikan sebelum akhir tahun. Pihaknya akan melibatkan Hermann Tilke untuk mendesain sirkuit berbasis Deodoro yang baru.

Baca Juga

loading...