Federer Ikuti Prancis Terbuka, Tantang Djokovic dan Nadal

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Kamis, 23 Mei 2019 - 05:32

JATIMNET.COM Paris – Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer akan kembali mengikuti Prancis Terbuka untuk pertama kali sejak absen tahun 2016 akibat cedera. Kembalinya petenis asal Swiss itu bakal meramaikan perebutan gelar di sektor pria yang dalam dua tahun terakhir menempatkan Novak Djokovic dan Rafael Nadal.

Meski sempat absen selama empat tahun, Federer tidak bisa dianggap sebelah mata. Usia yang tidak lagi muda, namun masih membuatnya tampil kompetitif. Dia baru saja mengoleksi gelar ke-101 setelah menang di Dubai Duty Free Tennis Championship dan Miami Terbuka.

Sementara dalam Prancis Terbuka tahun ini tetap menempatkan Nadal sebagai kandidat juara meski dia di tempatkan sebagai unggulan kedua. Petenis kidal itu masih menjadi pengumpul gelar terbanyak di Prancis Terbuka yang dimainkan di lapangan clay (tanah liat).

Sejauh ini dia telah mengoleksi gelar ke-11 dan tengah membidik trofi ke-12. Dengan status sebagai Raja Tanah Liat bukan pekerjaan sulit bagi petenis berusia 32 tahun itu untuk mewujudkannya.

BACA JUGA: Roger Federer Rebut Gelar ke-100

“Permainan saya sudah lebih baik. Saya merasa lebih siap main di lapangan clay,” kata Federer (37), seperti dikutip BBC.co.uk, Rabu 22 Mei 2019.

Jelang keberangkatannya menuju Paris, dia telah melaju hingga perempat final Madrid Terbuka dua pekan silam. Itu adalah turnamen pertamanya di lapangan tanah liat dalam tiga tahun terakhir.

Pada kesempatan lain, petenis Serbia, Novak Djokovic juga membidik gelar Grand Slam kedua musim ini. Dia berambisi menjadi petenis putra pertama yang bisa menyapu bersih empat gelar Grand Slam sejak era terbuka.

GELAR PERDANA. Rafael Nadal mendapat bekal menuju Roland Garos setelah memenangi Italia Terbuka akhir pekan kemarin. Foto: Italia Terbuka.

Bagi sejumlah petenis putra, mengalahkan Nadal yang mengoleksi 17 gelar Grand Slam di Roland Garos adalah kebanggaan. Nadal mengikuti jejak Margaret Court yang memenangi gelar Australia Terbuka periode 1960 hingga 1973.

Celakanya Nadal baru merengkuh gelar di Italia Terbuka pekan lalu di lapangan tanah liat. Padahal sebelumnya dia sudah melaju ke beberapa final, namun harus puas menjadi runner up.

“Anda menanyakan gelar, akhirnya aku mendapatkannya,” terang Nadal.

BACA JUGA: Novak Djokovic Tuntaskan Gelar di Australia Terbuka

Catatan yang dibukukan petenis Spanyol itu untuk merebut gelar di Roma cukup mengesankan. Dia tidak kehilangan satu set pun sepanjang babak pertama hingga semifinal. Di partai puncak dia mengalahkan Djokovic 6-0, 4-6, dan 6-1.

Itu merupakan gelar petamanya sejak Agutus 2018, sekaligus memenangi turnamen ke-81. “Saya bermain dengan baik, dengan energi yang saya butuhkan. Saya senang mencapai level itu sebelum ke Grand Slam,” ungkap Nadal.

Pada bagian putri, Johanna Konta berhasil melaju ke babak utama berkat final Maroko Terbuka dan Italia Terbuka. Unggulan ke-26 itu menjadi satu-satunya petenis Inggris yang masuk babak utama, setelah kompatriotnya Katie Boulter menarik diri akibat cedera.

Baca Juga

loading...