Dukung Taksi Listrik, PLN Bangun Ribuan SPLU di Jabodetabek

David Priyasidharta

Selasa, 23 April 2019 - 11:16

JATIMNET.COM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di berbagai lokasi. Hal ini dilakukan untuk mendukung penggunaan mobil listrik di Indonesia.

Untuk sementara ini PLN sudah membangun sekitar 1.600 SPLU. Dan tahun ini akan dibangun minimal 2.000 SPLU, terutama di wilayah Jabodetabek.

"Untuk mempercepat proses pengisian baterai (charging) taksi listrik, dapat meminta bantuan PLN untuk membangun SPLU 40 KV, yang dapat men-charging dengan cepat yakni sekitar 25 menit per mobil," kata Jonan dalam laman Kementerian ESDM.

BACA JUGA: Blue Bird Luncurkan Taksi Listrik Pertama di Indonesia

Hal ini, kata dia, akan sangat membantu dalam proses mengisi daya baterai taksi listrik yang dimiliki. Ia juga menyarankan agar biaya tenaga listrik yang dikeluarkan untuk taksi listrik lebih murah. "Taksi dapat melakukan porses pengisian daya pada waktu dimana PT PLN memberikan potongan harga, tujuannya agar biaya pengisian daya menjadi lebih murah," katanya.

Ia mengatakan melakukan charging taksi listrik antara pukul 22.00-06.00 WIB. "Pada waktu tersebut PT PLN mempunyai program untuk memberikan diskon biaya tenaga listrik kepada pelanggan hingga 30 persen," katanya.

Dengan diskon yang diberikan oleh PLN, maka biaya tenaga listrik yang dikeluarkan lebih murah. "Jadi harga mobilnya agak mahal tapi biaya energinya lebih murah yakni sekitar Rp 1.000 perwatt atau sekitar 40% persen dari harga premium," kata Jonan.

 

Baca Juga

loading...