Dua Tanggul Jebol, Banjir di Gresik Kian Parah

Hari Istiawan

Jumat, 3 Mei 2019 - 20:56

JATIMNET.COM, Gresik - Dua tanggul yang jebol di Gresik, tanggul sungai Kali Lamong di Desa Pandu, Kecamatan Cerme dan tanggul di Desa Cermen, Kedamean, memperparah kondisi banjir di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat 3 Mei 2019.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Tarso Sagito mengatakan, wilayah terdampak banjir semakin meluas akibat tanggul jebol.

Sesuai data BPBD Gresik, wilayah terdampak banjir semakin meluas menjadi lima kecamatan, antara lain di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, Menganti dan Kedamean.

BACA JUGA: Khofifah Siapkan Skema Penanggulangan Banjir Jatim

Selain melanda sejumlah desa di Kecamatan Cerme, banjir menggenangi hingga Kecamatan Kedamean dan merendam sebanyak 178 rumah dan jalan lingkungan dengan ketinggian air 70 sampai 150 sentimeter.

"Arus lalu lintas macet total karena Jalan Raya Cerme Kidul Raya dan Jalan Raya Boboh tergenang air dengan ketinggian 20 sampai 30 sentimeter," kata Tarso, Jumat 3 Mei 2019.

Sedangkan jumlah desa yang terendam banjir di Kecamatan Cerme ada 10 titik, Kecamatan Menganti lima desa, Kecamatan Benjeng enam desa, dan Kecamatan Balongpanggang tujuh desa.

BACA JUGA: Banjir di Pasuruan Melanda Sebelas Wilayah

"Di sebagian lokasi, air sudah mulai surut seperti di wilayah Kecamatan Benjeng, dan di Kecamatan Balongpanggang, genangan air sejatinya juga sudah mulai surut sejak pukul 00.00 dini hari. Namun tadi pagi kembali terjadi genangan sekitar 20 sentimeter yang terpantau sampai siang," katanya.

Kondisi terkini untuk genangan air di Desa Sedapurklagen, Benjeng sudah surut. Adapun di wilayah Kecamatan Balongpanggang, tercatat empat desa yang sudah mulai surut, di antaranya Desa Dapet, Desa Karangsemanding, Desa Sekarputih, dan Desa Pucung.

Sementara untuk genangan paling parah ada di Desa Pandu, Kecamatan Cerme, dan posisi air berada di jalan poros desa dengan ketinggian air di atas mencapai 30 sentimeter.(ant)

Baca Juga

loading...