JATIMNET.COM, London – Musim hujan. Biasanya suhu udara pada dini hari bisa lebih dingin dibanding musim kemarau. Berdasarkan penelitian, pola tidur bisa terganggu di suhu yang lebih dingin.

Apa yang harus dilakukan untuk memastikan agar mata bisa lebih cepat terpejam saat udara lebih dingin. Sleep Council, dikutip dari express.co.uk, 12 Januari 2019 menyarankan agar minum minuman tertentu sebelum tidur bisa membantu mempercepat tidur.

Salah satu minuman yang direkomendasikan adalah susu hangat sebelum tidur. Susu diketahui bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang dibutuhkan.

Sebetulnya bukan hanya susu yang bisa membantu mempercepat tidur. Minuman hangat seperti teh panas atau cokelat panas juga bisa membantu kualitas tidur.

Ada juga beberapa langkah lain yang bisa dilakukan untuk membantu mengalahkan dinginnya udara pada malam hari.

Mengenakan pakaian malam seperti piyama atau kaus yang lebih longgar bisa membuat tubuh tetap hangat. Pilihlah kain yang memiliki serat alami seperti wol, katun atau sutra untuk membuat tubuh lebih hangat dibanding kain berbahan sintetis.

BACA JUGA: Tidur Dengan Kipas Angin Atau AC, Lebih Merugikan Mana?

“Kenakan kaus kaki di tempat tidur super lembut. Lapisan ekstra di bawah selimut dapat membantu meningkatkan sirkulasi di ekstremitas suhu, untuk membantu tidur lebih cepat,” tulis Sleep Council.

Hal lain yang bisa membantu adalah mandi dengan air hangat (tidak panas) sebelum tidur. Aktivitas ini akan menghangatkan tubuh, sehingga mempercepat proses kantuk.

Sleep Council juga meyarankan agar berolahraga ringan dan waktunya tidak terlalu dekat dengan jadwal tidur. Olahraga ringan membuat sirkulasi membantu tubuh tetap hangat.

Hal lain yang bisa mengganggu pola tidur adalah kondisi tempat tidur, tata letak, dan kebersihan bisa berpengaruh. Tempat tidur yang layak dapat berperan dalam menjauhkan dari dinginnya udara malam.

Suhu udara yang terlalu dingin juga bisa berpengaruh pada saat tidur. Jagalah suhu udara kamar di kisaran 16-18 derajat celcius.

Kasur yang tebal juga bisa menjaga pola tidur di suhu udara yang dingin. Permukaan kamar tidur yang lembut dan tebal adalah insulator yang lebih baik daripada kamar tidur pada umumnya. Bila perlu gunakan underblanket fleecy untuk mempertahankan suhu permukaan kasur.