Buka anak dan resep masakan Indonesia diminati penerbit mancanegara

Buku Karya Buya Hamka Diminati Penerbit Negeri Jiran

Dyah Ayu Pitaloka

Kamis, 7 Maret 2019 - 10:35

JATIMNET.COM, Surabaya – Hak Cipta buku Buya Hamka diminati penerbit dari Malaysia. Sedangkan buku anak dan resep masakan Indonesia banyak diminati oleh penerbit buku mancanegara secara umum.

"Mereka membelinya tanpa diterjemahkan, mungkin karena bahasa yang digunakan Hamka mirip dengan Bahasa Melayu yang digunakan warga Malaysia," kata Ketua Panitia Indonesia International Book Fair Djadja Subagdja Rabu 6 Maret 2019.

Selain buku klasik karya Buya Hamka, penerbit dari dari Malaysia dan Brunei Darussalam  juga gemar membeli buku-buku karya Habiburrahman El Shirazy, yang terkenal lewat karyanya "Ayat-Ayat Cinta".

Sementara penerbit mancanegara secara umum suka dengan buku cerita anak-anak dan resep masakan Indonesia karena mencerminkan kebudayaan di Nusantara.

BACA JUGA: PC NU Jombang Minta Kemendikbud Tarik Buku Tema 7

Buku anak-anak diminati karena ilustrasinya bagus-bagus, sedangkan buku resep makanan karena mencerminkan kebudayaan Indonesia," katanya.

Sedangkan buku-buku nonfiksi yang diminati penerbit mancanegara seringkali adalah buku-buku para penulis yang karyanya paling laris di Indonesia.

Menurut dia tren pembelian hak cipta buku-buku Indonesia mulai melejit sejak Indonesia menjadi tamu kehormatan Frankfrut Bookfair 2015.

"Dari situ mereka melihat, bahwa banyak peluang kerja sama dari Indonesia," kata dia.
Ia berharap penyelenggaraan Indonesia International Book Fair (IIBF) menjadi salah satu wadah untuk mempertemukan penerbit Indonesia dengan penerbit mancanegara.

BACA JUGA: Buruk Sejarah, Buku Disita

"Mudah-mudahan ada banyak hak cipta yang terjual dan terbeli," katanya. (Ant)

Baca Juga

loading...