JATIMNET.COM, Surabaya - Huawei P30 dan Huawei P30 Pro dikabarkan bakal segera dirilis pada akhir Maret 2019. Peluncuran kedua gawai itu akan dilangsungkan di Paris.

Dilansir www.techradar.com, Sabtu 9 Februari 2019 kabar ini disampaikan oleh Telix.pl. Sayangnya tidak diungkap sumber yang dikutip di situs tersebut.  Meski belum ada  kepastian mengenai kabar rilis Huawei P30, seperti biasa sudah ada beberapa hal yang bocor.

Sebagai contoh,  P30 dikabarkan memiliki kamera belakang tiga lensa sementara P30 Pro memiliki empat lensa dengan model Pro serta memiliki unit flash besar. Salah satu atau keduanya memiliki lensa 38MP atau 40MP plus  zoom optik 5x lossless bahkan bisa sampai 10x.

BACA JUGA: AS Minta Eropa Tak Gunakan Perangkat Huawei

Di bagian depan ponsel, ada waterdrop notch dengan bezel yang sangat tipis.   Yang mengejutkan, P30 akan dilengkapi dengan jack headphone sedangkan Huawei P30 Pro belum bisa dipastikan karena bocoran casing yang diterima www.androidauthority.com  tidak bisa melihat dengan jelas.

Selain itu,  di casing tersebut juga tidak terlihat ada pemindai sidik jari di bagian belakang ponsel sehingga spekulasi mencuat jika pemindai ada di bagian layar.

BACA JUGA: Bocoran Kamera Huawei P30 Mulai Tersingkap

Ponsel P30 dikabarkan menggunakan chipset Kirin 980, yang muncul Huawei Mate 20. Jelas saja ini kalah kuat dibandingkan chipset Snapdragon atau Exynos. Tapi mungkin saja ada chip baru saat Huawei P30 diluncurkan.  

Ada kabar bahwa P30 dan P30 Pro akan menjadi ponsel  lipat dan handset 5G. Meski tidak menutup ponsel Huawei P30 didukung jaringan 5G, namun tidak untuk ponsel lipat. Soal harga, Huawei P30 diperkirakan bakal dibanderol Rp11 jutaan sedangkan P30 Pro lebih mahal.