Bayar Pajak Kendaraan di Indomaret, Warga Anggap Masih Ribet

M. Khaesar Januar Utomo

Sabtu, 27 April 2019 - 22:20

JATIMNET.COM, Surabaya – Masyarakat Surabaya saat ini sudah bisa membayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Indomaret. Namun, masih banyak warga yang belum mengetahui layanan ini.

Reporter Jatimnet.com, Khaesar Utomo memastikan fasilitas layanan baru ini, Sabtu 27 April 2019. 
Beberapa gerai Indomaret yang didatangi seperti di kawasan Rungkut Asri Timur, Jalan Sulawesi, dan Jalan Kendangsari menyatakan bisa melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor. 

Meski demikian, proses cetak bukti pembayaran pajak tetap dilakukan di Samsat. Kelebihannya, masyarakat tidak perlu antre terlalu lama dan bisa dilakukan sewaktu-waktu. "Jadi ke Samsat hanya cetak bukti pembayaran pajak saja," kata seorang kasir, Sabtu 27 April 2019.

BACA JUGA: Bayar Pajak Kendaraan Jatim Kini Bisa di Indomaret

Mohammad Johan, warga Rungkut Mapan mengaku baru mengetahui ada layanan ini. "Kelihatannya kurang sosialisasinya, jadi lebih mudah kalau pembayarannya di Indomaret," katanya.

Johan mengaku akan mencoba membayar pajak kendaraannya melalui Indomaret akrena menurutnya lebih praktis dan mudah. 

Sementara warga lainnya, Budi Surya warga Ngagel mengaku sudah mengetahui adanya fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Indomaret. Namun ia menilai masih terlalu ribet lantaran dirinya harus ke Samsat untuk mencetak bukti pembayaran pajak. 

BACA JUGA: Khofifah Dorong Pemerintah Daerah Ciptakan Layanan Inovatif 

"Saya sudah coba sendiri, dan ternyata harus ke Samsat juga untuk cetak buktinya," katanya.

Sebelumnya, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Mohammad Aldian mengatakan, wajib pajak bisa datang ke outlet Indomaret untuk melakukan pembayaran dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan STNK.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi inovasi baru dari Bapenda Jatim. Sejak dibuka layanan e-samsat melalui Payment Point Online Bank (PPOB) di Indomaret, Pemprov Jatim mengklaim, penerimaan pendapatan pajak kendaraan mencapai Rp 359.916.900.

Baca Juga

loading...