Arus Balik Mulai Macetkan Jalur Lintas Selatan Probolinggo

Zulkiflie

Kamis, 6 Juni 2019 - 14:32

JATIMNET.COM, Probolinggo - H+1 hari raya Idul Fitri telah menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di jalur lintas selatan. Tepatnya mulai jalur utara exit gerbang Tol Probolinggo yang mengular ke arah selatan hingga menyebabkan kemacetan,  Kamis 6 Juni 2019.

Kemacetan panjang ini diduga akibat meningkatnya volume kendaraan memasuki arus balik usai merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kendaraan yang mendominasi kemacetan, adalah mobil pribadi atau golongan I. Banyaknya persimpangan jalan di jalur lintas selatan Probolinggo, diduga memeprparah kemacetan karena timbul penumpukan kendaraan.

Salah satu pemudik Edo mengatakan, biasanya Probolinggo menuju Lumajang hanya butuh waktu sekitar satu jam. Namun karena terjebak macet di exit tol, perjalanan ke arah selatan tersendat hampir setengah jam.

BACA JUGA: Mabes Polri Pantau Arus Mudik di Exit Tol Probolinggo

“Berangkat tadi sekitar pukul 10.30 WIB, tapi karena terjebak macet pasti datangnya molor,” jelasnya.

Dari pantuan di lokasi, kemacetan arus lalu lintas terjadi di sisi bahu jalan sebelah timur, jalur lintas selatan Probolinggo-Lumajang. Sementara di sisi sebelah barat, arus ramai-lancar.

Sementara itu, Kepala Shift Pengumpul Tol Paspro, Deiwa Messias membenarkan terjadi penumpukan kendaraan di jalur exit gerbang Tol Probolinggo Timur.

Atas hal itu, pihak tol kini tengah memberlakukan sistem buka-tutup, guna mengurai kemacetan arus lalu lintas.

BACA JUGA: Puncak Arus Mudik, Tol Paspro Capai 23 Ribu Kendaraan

“Sementara dibuat sistem buka-tutup dulu. Itu untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi di pertigaan traffic light exit tol Probolinggo Timur,” terangnya.

Semenara itu, dihubungi melalui selulernya, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, anggotanya tengah melakukan proses penguraian kemacetan, guna kelancaran arus kendaraan.

Ia meminta pengguna jalan, agar berhati-hati di jalan dan bersabar sembari menunggu proses penguraian kemacetan selesai dilakukan petugas.

“Saat ini anggota kami sedang berusaha membantu kelancaran arus lalu lintas di jalan, kami juga harap pengendara tetap hati-hati, sabar dan menghargai petugas yang sedang bertugas,” katanya menutup konfirmasi.

Baca Juga

loading...