Arumi Seimbangkan Menu Sahur dengan Sayur Bening

Baehaqi Almutoif

Rabu, 15 Mei 2019 - 08:55

JATIMNET.COM, Surabaya - Sebagai istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, aktivitas Arumi Bachsin sangat padat. Selain harus harus memimpin organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), ia juga harus mengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur.

Namun di tengah kesibukannya itu, ibu dua anak ini masih sempat menyiapkan menu sahur buat sang suami. "Kalau buka puasanya sih, paling hari pertama dan kedua saja bersama keluarga. Habis itu buka bersama lebih sering di luar rumah, sama Mas Emil. Kadang bareng, kadang pisah," ujar Arumi, Selasa 14 Mei 2019.

Wanita kelahiran Jakarta ini mengatakan menu favorit Emil adalah gulai kepala kakap dan tauco. Suaminya itu, kata Arumi, inginnya menu itu selalu ada di setiap sahur. Tapi dia yang mengaku keberatan dengan memvariasinya dengan sayur seperti sayur bening.

BACA JUGA: Manfaat Ilmiah Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

"Saya juga harus makan itu juga. Tapi kalau setiap hari santen, aku yang merasa keberatan. Saya selalu yang bagian sayur-sayurnya," bebernya.

Sebenarnya, variasi menu keluarga wakil gubernur ini tidak terlalu sulit. Terkadang cukup sayur bening dan telur dadar, sama dengan menu sahur kebanyakan rumah tangga pada umumnya.

BACA JUGA: Ikan Asap Pantura Probolinggo Laris Manis Saat Ramadan

Pada Ramadan ini, kata Arumi, dirinya mengurangi kegiatan PKK dan Dekranasda. Semua jadwal sudah dipadatkan sebelum bulan puasa. Dia menyebut ingin fokus kepada keluarga, termasuk mengajarkan kepada anaknya tentang puasa.

Kendati masih berusia 5 tahun, Lakeisha Ariestia Dardak telah mengerti tentang apa itu puasa.

"Tapi kadang besoknya, mama sudah adzan, ayo buka. Tapi secara perlahan aku kasih pengertian, aku gak mau memaksa. Sebetulnya anak kan cepat belajar tapi saya tidak mau terlalu memaksa," tandasnya.

Baca Juga

loading...