Antrean Kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk H-2 Mulai Normal

Ahmad Suudi

Selasa, 4 Juni 2019 - 06:13

JATIMNET.COM, Banyuwangi – Antrean kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk memasuki H-2 Lebaran menuju pelabuhan Ketapang mulai habis. Penyeberang yang membawa kendaraan bisa langsung ke dermaga setelah sampai di pelabuhan yang berlokasi di Kabupaten Jembrana itu.

Hal itu disampaikan Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Ketapang Heru Wahyono, Senin 3 Juni 2019 petang.

Dia mengatakan antrean kendaraan yang sebelumnya terlihat antre memanjang sudah habis diangkut sebelum jam istirahat siang. Antrean masih terlihat pada pukul 09.00 WIB, namun sampai pukul 11.00 WIB, halaman Pelabuhan Gilimanuk sudah kosong.

BACA JUGA: Satu Juta Lebih Kendaraan Keluar-Masuk Pulau Jawa

“Bisa dibilang normal meski tetap lebih ramai daripada hari-hari biasa,” kata Heru kepada awak media.

Meski sehari sebelunya, atau H-3, penyeberangan ramai hingga penumpang antre berjam-jam, Heru mengatakan tak sempat terjadi penumpukan di Gilimanuk. Sebagian kendaraan sempat ditampung di buffer zone sebagai kantong tambahan parkir Gilimanuk untuk kendaraan.

BACA JUGA: Sensasi Pijatan di Atas Kapal Penyeberangan Selat Bali

Pada H-3 merupakan puncak angkutan mudik di Penyeberangan Selat Bali. Atau sebanyak 77.217 penumpang, 16.090 kendaraan roda dua, dan 8.434 kendaraan roda empat telah menyeberang ke Ketapang, Banyuwangi. Sebelumnya antrean di Pelabuhan Gilimanuk mulai terjadi pada H-4, Sabtu 1 Juni 2019.  

Pantauan Jatimnet di Ketapang, kendaraan terus keluar dari pelabuhan pada H-2 meski tidak seramai pada H-3. Kendaraan yang keluar dari pelabuhan didominasi kendaraan pribadi atau Golongan I.

Baca Juga

loading...