JATIMNET.COM, Probolinggo – Geliat kunjungan wisatawan ke beberapa titik obyek wisata di Gunung Bromo mulai berangsur normal sejak Jumat, 8 Maret 2019 pagi. Sejumlah wisatawan mulai terlihat pasca Nyepi yang berlangsung sejak Kamis 7 Maret hingga Jumat 8 Maret pukul 05.00 WIB.

Wisatawan mulai terlihat di beberapa titik seperti di rest area Cemoro Lawang, Bukit Mentigen dan Puncak Seruni Point. Pada umumnya pengunjung datang ke Gunung Bromo untuk mengisi akhir pekan atau liburan baik bersama pasangan, kerabat maupun keluarga.

Anita misalnya. Salah satu wisatawan asal Mojokerto ini sengaja dating ke Bromo untuk mengisi liburan bersama teman-teman kerjanya. “Mengisi liburan pastinya, dan memang ingin melihat suasana masyarakat Suku Tengger pasca Nyepi,” katanya saat dijumpai di lokasi wisata, Jumat 8 Maret 2019.

BACA JUGA: Nyepi, Wisatawan Bromo Dilarang Beraktivitas di Luar Ruangan

Sementara itu, Camat Sukapura, Yulius Christian membenarkan kondisi wisata di Gunung Bromo mulai menunjukkan aktifitas seperti biasa. Di mana sejumlah wisatawan sudah berbondong-bondong datang pasca Nyepi.

Dia menjelaskan sejak Jumat pagi sejumlah titik transit wisatawan, baik terminal jeep dan angkutan wisata lainnya, mulai dipadati wisatawan yang akan ke Gunung Bromo. Selain itu, kondisi jalur wisata ke Gunung Bromo yang sempat lengang sejak Kamis mulai ramai.

BACA JUGA: Jalur Wisata Bromo Sepanjang 39 Kilometer Segera Diperbaiki 

“Sejak dibukanya jalur wisata, aktifitas wisatawan sudah mulai normal. Banyak kendaraan pribadi dan angkutan wisata yang melintas ke beberapa obyek wisata," kata Yulius.

Dia memprediksikan, naiknya kunjungan wisatawan akan berlangsung hingga hari Minggu mendatang, sebagai puncak akhir pekan. Meskipun saat ini tidak memasuki liburan panjang atau long weekend, wisatawan akan terus mengalir.