Wilayah Kabupaten di Indonesia Segera Tersambung ke Internet Cepat

Hari Istiawan

Senin, 1 April 2019 - 17:10

JATIMNET.COM, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan wilayah Indonesia di tingkat kabupaten/kota akan tersambung ke internet cepat pada 2019 begitu Palapa Ring selesai.

"Merdeka sinyal dari level kabupaten karena Palapa Ring selesai. Di tingkat kabupaten semua sudah terhubung, ke dalamnya masih perlu (waktu)," kata Rudiantara saat ditemui di Kantor Kominfo, Senin 1 April 2019.

Secara bertahap seluruh masyarakat Indonesia akan tersambung ke internet cepat pada 2020 setelah Indonesia memancarkan internet melalui satelit.

BACA JUGA: Proyek Palapa Ring Timur Cakup Empat Provinsi Ini

Pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi Palapa Ring ditargetkan seluruhnya selesai tahun ini. Palapa Ring Paket Barat sudah selesai dibangun pada Maret 2018 sementara Palapa Ring Tengah selesai dibangun pada akhir 2018.

Pemerintah menargetkan Palapa Ring Timur, yang menyambungkan antara lain wilayah Papua dan Maluku ke internet cepat, selesai pertengahan tahun ini.

Proyek pembangunan infrastruktur jaringan Palapa Ring dirancang untuk menggelar kabel serat optik di darat dan di laut agar dapat menghubungkan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia ke jaringan telekomunikasi dan internet.

BACA JUGA: Istilah 'Tol Langit', Begini Menurut Kementerian Kominfo

Sementara itu, untuk mengatasi kendala internet di kondisi geografis Indonesia yang beragam, Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) berencana untuk membuat satelit jenis High Througput, diperkirakan senilai Rp 22 triliun.

Saat ini pengadaan satelit multifungsi bernama Satria masih berada dalam tahap lelang, urusan administrasi satelit diharapkan selesai tahun ini agar satelit dapat dibangun mulai awal 2020.

Bakti memperkirakan satelit akan selesai dibangun dalam tiga tahun, 2023 satelit ini akan dapat beroperasi.

Sambil menantikan satelit Satria selesai, pemerintah akan menyewa satelit milik perusahaan swasta yang beroperasi di atas wilayah Indonesia agar masyarakat di daerah terdepan, tertinggal dan terluar dapat merasakan internet cepat.(ant)

Baca Juga

loading...