Upaya Pemkot Surabaya Kurangi Kemacetan Dengan Pedestrian

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 11 Februari 2019 - 21:30

JATIMNET.COM, Surabaya – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk melebarkan pedestrian menuai pro dan kontra. Pengguna merasa keberatan, jalan semakin sempit akibat terpotong pedestrian, hal itu menggangu kelancaran arus lalu lintas.

Pemkot Surabaya sendiri mendorong warga untuk berjalan kaki ketika bepergian dengan jarak pendek agar lalu lintas tak padat. Seperti yang dirasakan oleh salah satu pengendara yang melintas di Jalan Balai Pemuda, Fajar Soekarno.

Warga Surabaya berusia 26 tahun itu merasakan jalan semakin sempit sehingga menyebabkan arus merambat. “Setiap siang dan sore disini itu arus selalu merambat, padahal didepan tidak ada apa-apa,” kata Fajar saat diwawancarai di Jl Balai Pemuda, Senin 11 Februari 2019.

Kepala Badan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya Ery Cahyadi saat ditemui di Kantor Bappeko Jumat 8 Februari 2019 menjelaskan tujuan pembangunan pedestrian memang untuk kenyamanan pejalan kaki.

Selain itu, keberadaan pedestrian diharapkan dapat mengurangi kendaraan di Surabaya ditambah adanya transportasi massal yang sudah di siapkan oleh pemkot.

BACA JUGA: Mendikbud Minta Warisan Budaya Indonesia Dijaga

“Kalau pedestriannya itu gede, kan enak untuk jalan. Tujuannya itu agar orang berjalan biar nyaman, selain itu agar masyarakat tidak berlebihan membeli kendaraan pribadi,” urai Ery.

Menurutnya pembangunan di Kota Surabaya akan semakin baik, jika ada sinergi dengan masyarakat. Selain itu dihrapkan juga adanya saling pengertian dalam kepemilikan kendaraan pribadi.

“Contohnya, satu rumah saja ada yang punya dua sampai lima mobil, nah itu coba dipikir ulang,” jelasnya.

Pemkot menurutnya tidak menyalahkan warga yang memiliki kendaraan berlebih. Namun ia meminta masyarakat lebih sadar lagi dan bersinergi dengan pemkot untuk membangun kota bersama.

“Pemkot juga tidak bisa menyalahkan itu semua. Sekali lagi, pembangunan ini tujuannya adalah untuk kenyamanan masyarakat Surabaya,” tutupnya.

Baca Juga

loading...