JATIMNET.COM, Surabaya – Polda Jawa Timur terus mengampanyekan upaya pencegahan kecelakaan di jalan raya melalui Millennial Road Safety Festival. Agenda ini merupakan puncak dari rangkaian keselamatan berkendaraan yang dipusatkan di Jembatan Suramadu, Minggu 17 Maret 2019.

Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan mengatakan sedikitnya lima hingga enam ribu nyawa melayang karena kecelakaan di jalan raya. Adanya acara ini untuk menekan jumlah kecelakaan yang terjadi di Jawa Timur.

“Dengan acara ini kami mengajak anak-anak muda Jatim tertib dalam berlalu-lintas. Sebab rata-rata korban kecelakaan masih berusia 24-29 tahun,” katanya.

BACA JUGA: Tekan Kecelakaan, Polrestabes Surabaya Bagikan 100 Helm

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di Jembatan Suramadu, lantaran jembatan tersebut telah menjadi ikon baru Jatim. Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura itu juga kerap terjadi kecelakaan, baik roda dua maupun roda empat.

“Dari Jembatan ini kami memberikan pesan kepada seluruh anak-anak muda agar tetap tertib berlalu-lintas dan menjaga keselamatan saat berkendara," jelasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera mengatakan acara ini dibarengi dengan pembentangan bendera sepanjang 1.700 meter serta penari di atas kapal di wilayah Suramadu.

BACA JUGA: Wali Kota Surabaya Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berkendaraan

Pengibaran bendera ini menempatkan Polda Jatim mendapat piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI), atas pembentangan bendera terbanyak dan jumlah penari di atas kapal terbanyak. “Dari Jembatan Suramadu ini menjadi saksi pemecahan rekor," katanya.

Di sela acara Millennial Road Safety Festival ini Polda Jatim menyisipkan kegiatan lain, yakni lari dan funwalk. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukkan musik patrol jalanan, paramotor dan helikopter, pertunjukkan kapal nelayan, freestyle sepeda motor dan mobil.

Acara lain adalah Dara Semeru Polda Jatim, tarian tradisional Jatim, marching band dari Taruna Taruni AAL serta penampilan apik dari Via Vallen dan NDX AKA. Dari acara ini Barung berharap anak anak muda Jatim bisa menjadi pelopor tertib dalam berlalu lintas.