Sepekan Dibuka, Pemesan Mudik Gratis Dishub Jatim 4.600 Penumpang

Baehaqi Almutoif

Senin, 29 April 2019 - 13:14

JATIMNET.COM, Surabaya - Sepekan pasca dibukanya pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Jawa Timur lewat daring, jumlah pemesan mencapai 4.600.

Kepala Dishub Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan, Dishub membagi pendaftaran mudik gratis menjadi dua tahap, tanggal 22 hingga 30 April 2019 secara daring. Kemudian mulai 2 Mei 2019 dilakukan pendaftaran secara manual di Kantor Dishub Jatim Jalan A. Yani.

"Masyarakat bisa mendaftar lewat offline dengan datang langsung ke kantor Dishub Jatim," katanya, Senin 29 April 2019.

Mudik gratis 2019, lanjut Fattah, tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Total Dishub Jatim menyediakan 234 ribu kuota mudik gratis dari tiga moda transportasi, bus, kapal laut, dan kereta api.

BACA JUGA: Pertamina Siapkan 43 SPBU Sepanjang Tol Trans Jawa

Rinciannya, 560 bus dengan jurusan mulai dari Banyuwangi, Jember, Kediri, Trenggalek, Pacitan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, hingga Madura. Sedangkan kapal laut tersedia 100 ribu penumpang.

"Kalau kapal laut ada jurusan dari Surabaya ke Kalianget dan Bawean, Pulau Kangean, Sapeken, Raas dan Masalembu. Juga dari Probolinggo dan Situbondo ke Kalianget," tuturnya.

Sementara untuk kereta api yang dilayani langsung PT Kereta Api tersedia 150 ribu penumpang. Rute yang dilayani hampir menyeluruh sesuai dengan jalur kereta yang dilewati, seperti Kediri, Kertosono, Malang, Blitar, Jember, dan Banyuwangi.

BACA JUGA: Mudik 2019, Tol Trans Jawa Berlaku Arus Satu Arah

Pendaftaran secara offline baru dibuka pada 1-2 Mei. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mudik lebaran gratis, tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota mudik gratis. "Dishub sudah mengantisipasi. Jika membutuhkan armada, Dishub sudah siap melayani pemudik lebaran," katanya.

Selain armada yang disediakan Dishub Jawa Timur, kata Fattah, untuk armada bus juga masih ada pihak swasta yang memberangkatkan mudik gratis. Seperti dari pemerintah kabupaten/kota, Jasa Raharja, serta beberapa perusahaan lainnya.

Masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota mudik gratis, sebab selain Dishub Jatim yang menyediakan juga ada pihak lain. "Tahun ini diprediksi penumpang mudik meningkat sekitar 7-10 persen dibanding tahun lalu," kata Fattah.

Baca Juga

loading...