Seorang Pemandu Terjatuh di Kawah Ijen

Ahmad Suudi

Sabtu, 20 April 2019 - 17:39

JATIMNET.COM, Banyuwangi – Seorang pemandu yang sekaligus penambang di Kawah Ijen, Haryanto Dedi Susanto terjatuh di kawah ijen dan meninggal di lokasi kejadian. Haryanto terjatuh ketika sedang melayani permintaan wisatawan untuk difoto dengan latar api biru.

Dari infromasi yang diperoleh Jatimnet.com, korban mengantar wisatawan dan sampai di puncak Ijen pukul 4.00 WIB, Sabtu 20 April 2019. Ia kemudian turun ke kawah mengantar wisatawan yang dipandunya.

Sampai bawah, seperti biasa dia melayani permintaan wisatawan mengambil gambar mereka dengan latar belakang api biru abadi Ijen.

BACA JUGA: Aktivitas Vulkanik Kawah Ijen Dipantau dengan Empat Alat Ini

Ketika sedang serius mengambil gambar, asap Kawah Ijen yang mengandung sulfur terembus angin menyembur wajahnya. Haryanto terhuyung karena panik dan berusaha menghindari asap.

Namun karena diduga gagal fokus pada kondisi tanah yang dipijaknya, dia tersandung batu hingga jatuh. Warga Dusun Rejopuro, Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi itu diketahui meninggal dunia di tempat kejadian.

"Yang bersangkutan dievakuasi oleh teman-teman penambang dari TKP untuk dibawa ke puncak dan lanjut menuju Paltuding (area parkir kendaraan). Sampai di Paltuding pukul 06.30 WIB dibawa ke Puskesmas untuk divisum dengan dihadiri oleh anggota Polsek Licin," tulis laporan yang dibagikan Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 18 Kawah Ijen Sigit Hari Wibowo.

BACA JUGA: BKSDA Jatim Luncurkan Aplikasi Tiket Online Mendaki Ijen

Selanjutnya Sigit menganjurkan agar wisatawan dan pemandu wisata memperhatikan rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pengelola di bawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Melalui rambu-rambu, pihaknya sudah menjelaskan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di area Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

"Untuk imbauan sudah banyak terpasang dengan menggunakan papan dan banner. Dan juga melalui pengeras suara," kata Sigit saat dihubungi Jatimnet.com, Sabtu 20 April 2019.

Baca Juga

loading...