Aktivitas Vulkanik Kawah Ijen Dipantau Dengan Empat Alat Ini

David Priyasidharta

Sabtu, 23 Februari 2019 - 09:15

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Kepala Pusat Vulkaonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani mengatakan di Pos Pantau Pengamatan Gunung Api Ijen terdapat empat alat bantu pengamatan.

Alat-alat itu antara lain, tiga buah seismograf digital, dua buah alat multigas atau alat monitoring gas CO2 dan H2S di Kawah Ijen, satu CCTV dan alat pemantau visual.

BACA JUGA: Menteri ESDM Resmikan Pos PGA Ijen

“Alat itu sementara memadai untuk memantau Ijen," kata Kasbani saat mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan meresmikan perbaikan Pos Pantau PGA Ijen di Dusun Panggungsari, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jumat 22 Februari 2019.

Namun, ke depan, kata Kasbani, pihaknya fokus pada pengamatan gasnya karena ini yang menjadi kekhasan Ijen. "Kalau di Pos Pantau Raung, sudah kami tambah empat seismik dan GPS,” katanya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik perbaikan Pos PGA Ijen tersebut. Apalagi saat ini gunung Ijen sedang menjalani proses review untuk menjadi Taman Geopark dunia oleh badan PBB UNESCO.

“Saat ini Ijen bersama Pulau Merah dan Taman Nasional Alas Purwo telah menjadi Geopark Nasional, yang kini tengah menjalani proses untuk diusulkan masuk jaringan geopark dunia," kata Anas.

BACA JUGA: BKSDA Jatim Luncurkan Aplikasi Tiket Online Mendaki Ijen

Karena itu, dengan adanya Pos Pantau PGA Ijen dengan fasilitas memadai ini, menurut Anas, akan sangat menunjang bagi penilaian tersebut.

Bagi Anas, pos pantau yang nyaman ini bisa menjadi wisata edukasi di kawasan Ijen. “Pos PGA ini juga semakin melengkapi pariwisata di Ijen karena terdapat ruang display yang bisa menjadi wisata edukasi pada masyarakat umum yang berkunjung tentang perkembangan Ijen,” ungkapnya.

Baca Juga

loading...