JATIMNET.COM, Surabaya - Rekor jumlah penonton terbanyak di ajang Piala Presiden akhirnya terpecahkan. Pemecahnya adalah laga delapan besar antara Persebaya melawan PS Tira Persikabo yang berlangsung di Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat 29 Maret 2019 dengan jumlah 42.230 penonton .

Sepanjang digulirkannya Piala Presiden 2019, sebelumnya rekor jumlah penonton ada pada laga PSS Sleman versus Persija Jakarta. Laga yang dihelat di stadion Maguwoharjo itu, disaksikan sekitar 29.120 penonton.

BACA JUGA: Menang Telak, Persebaya Lolos ke Semifinal Piala Presiden

Jumlah penonton pada pertandingan tersebut, melebihi catatan jumlah penonton pada big match lainnya di babak penyisihan grup. Seperti Persib Bandung versus Persebaya Surabaya atau Arema FC kontra Persela Lamongan.

Catatan rekor tersebut akhirnya tergeser oleh jumlah penonton di GBT, Jumat 29 Maret 2019 dengan jumlah sebanyak 42.230 penonton.

“Kami bangga dengan fanatisme yang ditunjukkan pendukung Persebaya. Itu yang membuat mereka bisa total mendukung tim. Di luar itu, kapasitas stadion juga sangat mendukung untuk menghadirkan jumlah penonton yang banyak ke dalam stadion,” jelas Presiden klub Persebaya, Azrul Ananda dalam laman PSSI.org.

Menilik fakta tersebut, rasanya akan sulit pada pertandingan lainnya untuk bisa melampaui catatan jumlah penonton pada laga Persebaya vs PS Tira Persikabo.

BACA JUGA: Persebaya Boyong 24 Pemain ke Bandung Ikuti Piala Presiden

Paling memungkinkan, rekor tersebut bisa terpecahkan lagi pada saat Persebaya menggelar pertandingan babak semifinal Piala Presiden 2019.

“Saya senang dengan antusias yang ditunjukkan suporter. Piala Presiden 2019 telah menjadi hiburan yang dinanti mereka. Paling penting semua harus menjunjung tinggi sportivitas dan fair play,” bilang salah satu anggota steering committee (SC) Birgjen Polisi Lotharia Latif.