Pelajar menari untuk merayakan hari jadi Kabupaten Probolinggo ke 273.

Ratusan Pelajar Bawakan Tari Glipang Asli Probolinggo 

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Senin, 22 April 2019 - 17:16

JATIMNET.COM , Probolinggo – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke 273, ratusan siswa mulai remaja hingga anak-anak, menyuguhkan Tarian Glipang secara massal, di alun – alun Kota Kraksaan, Senin 22 April 2019.

Peringatan kali ini mengambil tema ‘273 Jejak Glipang’, sebagai pendongkrak semangat juang masyarakat, menuju Kabupaten Probolinggo lebih maju.

Aksi menari Tarian Glipang secara massal kali ini, bahkan diikuti oleh masyarakat sekitar, serta Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko.

Tari Glipang merupakan tarian tradisional yang menggambarkan kehidupan masyarakat sehari-hari.

BACA JUGA: Bandung Peringati Hari Kartini dengan Menari Selama 21 Jam

Seni tari ini adalah perpaduan budaya Islam dan Jawa.

Namun demikian, meski sudah ratusan tahun menjadi warisan budaya Kabupaten Probolinggo, Tari Glipang belum memiliki hak paten.

GLIPANG: Remaja menari Glipang secara massal di Alun-Alun Kota Kraksaan Probolinggo. Foto: Zulkifli

Salah seorang pelestari Tarian Glipang, Muhammad Nasir berharap, adanya perhatian dari berbagai pihak, utamanya pemerintah daerah, agar Tarian Glipang bisa segera dipatenkan.

Pasalnya, seni tari asli Kabupaten Probolinggo itu, tak hanya dipelajari oleh warga lokal, akan tetapi juga dipelajari oleh warga asing.

BACA JUGA: Pembunuhan Keji Guru Tari

“Harapan kami seni Tari Glipang terus dilestarikan, dan yang paing penting adalah hak patennya, semoga ada perhatian serius untuk hal ini,”ungkap Nasir, saat ditemui di Alun – alun Kraksaan.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengaku, segera memfasilitasi hak paten untuk seni Tarian Glipang.

Wabup Timbul menegaskan, Tarian Glipang asli Kabupaten Probolinggo, karena sudah ada sejarahnya.

Saat disinggung terkait apa penyebab lamanya proses hak paten untuk seni Tari Glipang, Wabup Timbul mengaku belum mengetahui secara pasti.

BACA JUGA: Temanggung Gelar Acara 1.000 Tumpeng Awali Tanam Tembakau

“Yang jelas untuk pelestarian Tarian Glipang dan Hak Paten, pemerintah daerah segera memfasilitasinya,”tegas Wabup Timbul.

Lebih lanjut Timbul berharap, dengan menampilkan tari Glipang, diharapkan mampu menjadi momentum mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga

loading...