Ramadan, Santri Ponorogo Berselawat dan Menabuh Bedug Usai Tarawih

Gayuh Satria Wicaksono
Gayuh Satria Wicaksono

Kamis, 9 Mei 2019 - 08:55

JATIMNET.COM, Ponorogo – Ada tradisi unik selama Ramadan, yang dilakukan para santri Pondok Hudatul Muna, Kelurahan Jenes, Kabupaten Ponorogo.

Para santri dan Imam Masjid serta pengurus pondok melantunkan selawat dengan irama tabuhan bedug yang khas, usai salat Tarawih..

Selawat dengan tabuhan bedug ini dilantunkan sekitar 15 menit, usai Tarawih. Kemudian para santri melanjutkan dengan mengaji kitab yang dipimpin imam masjid.

“Pada prinsipnya memuji kepada Allah dan mengumandangkan selawat pada baginda rasul,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Hudatul Muna Gus Munir, Kamis 9 Mei 2019.

BACA JUGA: 13 Jam di Indonesia, 21 Jam di Rusia

Gus Munir menjelaskan, tradisi ini dilakukan untuk menguri-uri (menjaga) sekaligus mengenalkan budaya Jawa, kepada para santri pondok agar tetap lestari. Selawat disertai pukulan bedug ini selalu dilantunkan pada saat bulan Ramadan di pondoknya.

“Tradisi seperti ini memang sudah jarang, karena di sini imamnya masih orang sepuh, jadi masih hafal dengan nada dan lantunan selawat tersebut,” jelasnya.

Ia menerangkan, jika selawat ini adalah warisan dari Kyai Hasan Besari dari Tegal Sari, salah satu tokoh penyebar agama Islam di Ponorogo.

TABUH. Santri di Ponorogo menabuh bedug untuk berselawat usai salat Tarawih

“Seringnya memang selawatan ini dilakukan pada bulan Ramadan saja, kalau selain bulan Ramadan sudah sangat jarang dilakukan,” terangnya.

Selawat yang dicampur dengan bahasa Jawa ini juga sebagai suka cita dalam menyambut bulan suci.

BACA JUGA: Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30.000 Tiket

Namun ia menyayangkan, lantaran baru sedikit santri pondok yang hafal dengan lantunan selawat warisan dari Kyai Hasan Besari ini.

Ditambah lagi irama untuk memukul bedug ini juga khas, sehingga tidak semua orang bisa.

“Untuk penabuh bedug masih dari pengasuh pondok, para santri belum ada yang mahir untuk menyesuaikan dengan irama selawatnya,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...