Polsek Gubeng Bekuk Komplotan Jambret Belia

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 3 April 2019 - 21:07

JATIMNET.COM, Surabaya - Anggota Polsek Gubeng membekuk tiga anggota komplotan jambret yang masih berusia muda. Mereka adalah M Chusnul Yakin (19) warga Pucang Arjo Barat, Rino Dwi Setiawan (19) warga Juwingan dan Rizky Ardhiansyah Putra (18) warga Gubeng Kertajaya IV-B. Ketiganya dibekuk saat beraksi di Jalan Pucang.

Kanit Reskrim Polsek Gubeng, Ipda Djoko Soesanto mengatakan meski masih berusia muda, komplotan jambret ini sudah melakukan aksinya di tujuh tempat kejadian perkara (TKP). Sasarannya adalah, korban yang berhenti di pinggir jalan.

"Mereka mengambil HP ketika korbannya lengah," ucapnya, Rabu 3 Maret 2019.

BACA JUGA: Jambret Bersenjata Pisau Berkarat Ditembak Aparat

Pelaku selalu menyasar para korban yang menaruh HP di dasbor motornya dan saat berhenti di lampu merah. "HP hasil jambret dijual dan uangnya untuk makan serta kebutuhan lainnya," ucapnya.

Selama ini pelaku menjalankan aksinya pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB.

Kasus penjambretan terjadi pada Minggu, 24 Maret 2019 sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu ketiga pelaku berkeliling untuk mencari korbannya. Sesampainya di Jalan Pucang pelaku melihat korban M Salim (23) warga Pamekasan menaruh HP-nya di dasbor motor.

Pelaku langsung mengambil HP milik korban dan kabur. Korban berusaha mengejar pelaku sambil meneriaki maling. Polisi yang tengah bertugas dan mengetahui kejadian ini langsung berusaha menghentikan ketiga pelaku.

BACA JUGA: Jambret Ini Tersungkur Kena Tendangan Korban

Akhirnya, pelaku berhasil diringkus. Ketiganya mengakui mengambil HP milik korban. Tak hanya satu HP pelaku juga sudah mengambil dua HP yang dicuri.

Polisi langsung membawa pelaku ke Polsek Gubeng untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. "Dari pemeriksaan itu ada tujuh TKP yang sudah dilakukan komplotan ini," ucap Djoko.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. "Ancaman hukuman hingga sembilan tahun penjara," ucap Djoko.

Baca Juga

loading...